HIPMI gelar Young Leaders Forum, instrumen percepat pemuliuan ekonomi

Kamis, 9 Juni 2022 | 08:03 WIB ET

JAKARTA - BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menggeber program Indonesia Young Leaders Forum (IYLF) yang bakal digelar pada Sabtu, 11 Juni 2022. Ajang ini digelar dalam rangkaian ulang tahun HIPMI yang ke-50, yang mengambil tema “Bersama Mewujudkan indonesia Emas 2045”.

“Indonesia Young Leaders Forum (IYLF) HIPMI 2022 hadir untuk menjadi jembatan, menjadi forum, bagi seluruh kekuatan pengusaha muda untuk bersama-sama bangkit menatap pemulihan ekonomi,” ujar Ketua Umum BPP HIPMI Mardani Maming.

Mardani mengatakan, pandemi telah memukul hampir semua sektor perekonomian. Selama lebih dari dua tahun, pandemi mengakibatkan berbagai sektor usaha mengalami penurunan kinerja.

“Saat ini kita memasuki tren pemulihan ekonomi. HIPMI sebagai kekuatan ekonomi kaum muda siap berada di garda terdepan mendukung pemulihan ekonomi. IYLF menjadi salah satu titik tolak bagi HIPMI untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi,” ujarnya.

Ketua Bidang Tata Ruang, PU, dan Pembangunan Desa BPP HIPMI yang juga Ketua Panitia IYLF, M. Ali Affandi mengatakan, selain membahas berbagai tema untuk mendukung pemulihan ekonomi, IYLF juga menjadi sarana konsolidasi bagi kekuatan ekonomi pengusaha muda. Forum tersebut menjadi sarana memperkuat jejaring dan kolaborasi antar-pengusaha muda.

“Forum ini juga sebagai ikhtiar untuk mendorong hadirnya pengusaha muda yang memiliki kepemimpinan kuat di bidangnya, sehingga bisa menopang kebangkitan ekonomi nasional,” jelas Andi, sapaan akrab Ali Affandi.

Sejumlah pembicara dijadwalkan hadir mengisi di IYLF. Berbagai perspektif tema juga akan dibahas. Di antaranya soal kepastian hukum bagi pelaku usaha yang menghadirkan Wamenkumham Prof Edward Omar Sharief Hiariej, akademisi Prof Nur Basuki Minarno, dan praktisi hukum Febri Diansyah. Menteri Investasi Bahlil Lahadalia akan membahas tentang rencana pencapaian Indonesia Emas 2045.

Ada pula Mendag M Lutfi yang bakal membeber peluang bisnis untuk Indonesia Emas 2045. Menparekraf Sandiaga Uno tentang apa saja yang harus disiapkan para pengusaha dalam menyongsong 2045 ketika Indonesia diprediksi menjadi negara dengan ekonomi terbesar keempat di dunia.

Adapun Menteri BUMN Erick Thohir dijadwalkan membahas tentang pemulihan ekonomi pasca-pandemi. Sementara itu, Ketua Umum Kadin Arsyad Rasjid bakal berbagi tentang masa depan dunia energi di Tanah Air.

“HIPMI memang sengaja menyajikan berbagai tema dan perspektif agar para pengusaha muda kita memiliki pemahaman yang komprehensif tentang berbagai dinamika yang berkembang, sehingga bisa menyusun strategi yang pas untuk berkontribusi dalam pemulihan ekonomi lokal dan nasional,” beber Andi.

Bagikan artikel ini: