Ada fitur Screentime Control, TikTok-an tak lagi lupa waktu

Selasa, 21 Juni 2022 | 09:01 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Sudah bukan rahasia lagi, TikTok telah menjadi salah satu aplikasi yang membuat penggunanya candu untuk melihat konten selama berjam-jam. Terlebih, aplikasi ini terus-menerus memanjakan penggunanya dengan berbagai fitur seru yang kekinian.

Pengguna TikTok pun semakin sering lupa waktu saat scrolling lantaran keasyikan bermain aplikasi. Nah, agar pengguna tidak lagi lupa waktu, TikTok akhirnya menggulirkan fitur baru bernama Digital Wellbeing.

Melansir situs resmi TikTok, fitur ini berfungsi sebagai screen time control yang akan menjadi pengingat saat pengguna membuka TikTok melebih batas waktu yang ditentukan. Nantinya, fitur ini akan menampilkan pesan pop up yang mengingatkan pengguna untuk istirahat dan mengambil waktu jeda.

Pengguna bisa menentukan waktu yang menurut mereka rasa cukup dan setelah batas waktu tercapai pengguna akan menerima sejenis pengingat untuk mengambil waktu istirahat. Pengingat itu hanya akan muncul ketika waktu video sudah selesai ditonton dan tidak akan mengganggu pengalaman menonton.

Khusus untuk pengguna TikTok kalangan remaja, TikTok akan menerapkan pengingat dalam periode tertentu. TikTok akan meminta pengguna memasang pengingat istirahat setiap 10, 20 atau 30 menit, guna meminimalisir kecanduan aplikasi.

Jika pengguna berusia 13 hingga 17 tahun menggunakan aplikasi selama lebih dari 100 menit dalam satu hari, TikTok akan mengingatkan mereka tentang alat batas waktu layar ketika mereka membuka aplikasi lagi.

Selain pesan pop up, pengguna juga bisa melihat berapa lama ia menghabiskan waktu di aplikasi. Tampilannya seperti grafik yang dirinci setiap hari dalam rentang seminggu. TikTok juga menawarkan opsi notifikasi mingguan untuk mengingatkan pengguna agar rutin mengecek informasi screen time. Dengan begitu, pengguna bisa melakukan evaluasi ketika waktu yang dihabiskan di TikTok terbilang lama. kbc10

Bagikan artikel ini: