Ini pemicu dolar AS tembus Rp15.000 menurut BI

Kamis, 7 Juli 2022 | 05:40 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Dalam beberapa hari terakhir ini, nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah menembus angka Rp 15.000 berdasarkan data Reuters.

Menurut Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia (BI) Edi Susianto, tekanan pada mata uang harus dilihat pemicunya. Pemicu utama penyebab tekanan rupiah datang dari pasar keuangan global. Pelaku pasar global khawatir akan terjadinya perlambatan lebih jauh atas ekonomi global, bahkan khawatir bisa masuk ke kondisi resesi.

"Khususnya ekonomi AS di mana data yang terkini sepertinya mendukung terhadap kekhawatiran tersebut, sementara ancaman inflasinya terus menghantui di banyak negara," kata dia seperti dikutip, Rabu (6/7/2022).

Edi mengungkapkan, kondisi ini turut mendorong pelaku pasar global untuk terus mencari mata uang dan aset yang aman (safe haven). Nah, mata uang safe haven ini lebih condong ke dolar AS. Bahkan indeks dolar AS terus menguat sudah di atas 106, tertinggi selama 20 tahun terakhir.

"Sementara safe haven assets condong ke cash market dan ke US Treasury (UST bond), sehingha yield UST 10 year terus mengalami penurunan (UST menguat)," tuturnya.

Artinya dari pergerakan nilai tukar, banyak mata uang non dolar AS khususnya mata uang negara berkembang melemah, termasuk rupiah.

"Di wilayah Asia, selain Rupiah mata uang lainnya seperti Thailand Baht, Malaysia Ringgit, Peso Philipina, India Rupee dan Korea Won, juga mengalami pelemahan terhadap dolar AS. Artinya ini adalah fenomena global," jelas dia.

Untuk menghadapi hal ini, BI memastikan ada di pasar melalui triple intervention agar mekanisme pasar dapat bekerja dengan baik melalui menjaga keseimbangan supply dan demand valas di market.

Terkait hal ini, BI melihat support dari perusahaan eksportir untuk turut menjaga supply-demand valas masih sangat baik, sehingga pelemahan rupiah lebih managable.

"Lalu menjaga kondisi likuiditas Rupiah dalam level yang optimal," jelasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: