Harga tiket pesawat selangit, ini strategi Kemenhub

Senin, 11 Juli 2022 | 10:16 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Harga tiket pesawat penerbangan domestik pada periode 9-16 Juli 2022 dinilai masih terlalu mahal.

Menurut data dari Google Flight, harga tiket untuk satu kali penerbangan dari Jakarta-Bali berkisar Rp 2,2 juta sampai Rp 2,5 juta.

Bahkan harga tiket penerbangan maskapai low cost carrier (LCC) seperti Citilink mencapai Rp 2,4 juta untuk satu kali penerbangan dari Jakarta-Bali.

Terkait hal ini, Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nur Isnin Istiartono mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan stimulus untuk industri penerbangan agar harga tiket dapat turun.

Menurut Isnin, kenaikan harga tiket ini karena harga bahan bakar pesawat yaitu avtur yang juga mengalami kenaikan dalam beberapa bulan ini.

"Kami sedang menyiapkan stimulus untuk mengurangi harga tiket pesawat dan tidak melambung tinggi," ucap Isnin seperti dikutip, Minggu (10/7/2022).

Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kemenhub Dadun Kohar mengatakan, pihaknya akan memberikan stimulus berupa pengurangan atau peniadaan sementara pajak.

"Kemudian kami aja memberikan bantuan pembiayaan untuk Pelayanan Jasa Pendaratan, Penempatan, dan Penyimpanan (PJP4U) bagi maskapai," kata Dadun.

Kemudian untuk membangkitkan kembali industri penerbangan, lanjut Dadun, Kemenhub juga memberikan bantuan pembiayaan melalui penghapusan beban layanan navigasi.

Sementara itu menurut Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto menyebutkan bahwa, peningkatan perjalanan transportasi udara domestik mengalami peningkatan.

"Menurut data Badan Pusat Statistik, pada Maret 2022 penerbangan domestik mengalami peningkatan 37 persen secara month to mont," kata Novie.

Sementara untuk years on years, lanjut Novie, penerbangan domestik mengalami peningkatan sebesar 49 persen dibandingkan 2021 lalu.

"Kami juga memberikan sejumlah insentif untuk maskapai dalam memulihkan industri penerbangan salah satunya yaitu landing fee untuk maskapai yang melayani penerbangan berjadwal domestik," ucap Novie. kbc10

Bagikan artikel ini: