XL Axiata dan Microsoft kolaborasi hadirkan layanan ExpressRoute

Selasa, 12 Juli 2022 | 10:41 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Keamanan dan proteksi terhadap data pelanggan menjadi salah satu perhatian utama PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) sebagai penyedia layanan telekomunikasi. Khusus bagi pelanggan korporasi, melalui XL Axiata Business Solutions, XL Axiata telah menjalin kerja sama dengan Microsoft dalam menyediakan layanan bernama "ExpressRoute", yang memungkinan koneksi privat antara layanan komputasi awan Microsoft Azure dengan pengguna data secara cepat, aman, dan reliabel.

Kolaborasi ini selaras dengan upaya XL Axiata untuk mewujudkan visi menjadi operator konvergensi terdepan (#1 converged operator) di Indonesia. Termasuk juga untuk mendukung penyediaan layanan internet tercepat bagi pelanggan dan masyarakat "XL Axiata Ada Untuk Indonesia".

Group Head Enterprise Product XL Axiata, Sharif Lukman Mahfoedz mengatakan, dengan Azure XpressRoute sangat reliable, pengiriman data dapat dilakukan dengan cepat. Selain itu proteksi data pelanggan menjadi hal yang mutlak di mana keamanan data adalah suatu hal yang diutamakan dalam banyak industri layanan digital, termasuk XL Axiata Business Solutions sebagai salah satu penyedia layanan telekomunikasi dan data bagi ribuan pelanggan korporasi.

"Kami terus bertransformasi dalam meningkatkan kemampuan keamanan data pelanggan. Harapannya, segala upaya ini akan terus meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap layanan kami," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (12/7/2022).

Selain itu, lanjut dia, kolaborasi bersama Microsoft ini juga relevan dengan transformasi digital yang terus digaungkan XL Axiata, di mana seluruh proses bisnis dikembangkan dengan melihat pemanfaatan platform digital yang memungkinkan proteksi data secara sistematis dan menyeluruh.

Sharif menambahkan, XL Axiata Business Solutions telah melakukan observasi terhadap layanan yang ditawarkan Microsoft Azure ini. Teknologi yang ditawarkan terbukti mampu memberikan nilai tambah dalam hal efisiensi waktu, di samping keamanan dan proteksi data pelanggan XL Axiata yang telah diterapkan sejauh ini. Kerjasama ini menjadi peluang bagi XL Axiata untuk memperkenalkan sekaligus menyakinkan pelaku bisnis dari berbagai sektor di Indonesia terkait jaminan keamanan data.

Sementara itu, Country Lead Azure Business Group Microsoft Indonesia, Fiki Setiyono mengungkapkan, kolaborasi XL Axiata dan Microsoft dalam menghadirkan layanan ExpressRoute semakin membuka kesempatan kepada pelaku industri di Indonesia untuk mempercepat transformasi digital sesuai dengan kesiapan dan sumber daya masing-masing.

"Melalui ExpressRoute, organisasi dapat memanfaatkan keunggulan hybrid cloud dalam proses digitalisasi mereka serta mengintegrasikan infrastruktur on-premise yang telah organisasi miliki dengan public cloud Microsoft, yaitu Microsoft Azure, yang dihubungkan dengan kecepatan network XL Axiata. Kami berharap kolaborasi ini dapat membantu memberdayakan ekonomi digital Indonesia," jelasnya.

Microsoft Azure sendiri adalah sebuah platform cloud computing yang menyediakan berbagai rangkaian layanan computing, analytic, storage, dan jaringan. Pelanggan dapat memilih layanan yang ada untuk membuat dan mengembangkan aplikasi baru, serta menjalankan aplikasi yang sudah ada pada cloud. Diperkuat dengan transparansi kebijakan, praktik operasional, dan teknologi yang membantu menjamin keamanan, kepatuhan, serta privasi data pengguna di seluruh layanan Microsoft, layanan ini salah satunya memastikan pengguna memegang kendali atas data mereka ketika data mereka disimpan di Microsoft Azure.

Koneksi ExpressRoute dari Microsoft Azure menawarkan keamanan, keandalan, dan kecepatan yang lebih tinggi, dengan latensi yang lebih rendah dan konsisten daripada koneksi biasa melalui internet. Contohnya dalam mentransfer data yang besar akan lebih efisien dari sisi waktu selain keamanan yang lebih terjaga.

"XL Axiata melihat peluang akan keamanan data bagi berbagai sektor industri di Indonesia. Didukung dengan jaringan fiber optic berkecepatan tinggi dan coverage yang luas, maka sangat memungkinkan pengaplikasian ExpressRoute untuk mendukung koneksi privat, dan memastikan perpindahan data antara perusahaan dan penyedia layanan cloud menjadi lebih aman, cepat, dan reliabel," jelas Sharif.

Selain pemanfaatan secara korporat, ExpressRoute ini pun memungkinkan pelanggan mengakses layanan dalam jaringan virtual termasuk layanan Azure lainnya secara bersamaan. Pelanggan dapat menyambungkan ke jaringan virtual melalui jalur peering pribadi, maupun ke layanan lain melalui jalur peering Microsoft.

Biaya yang dibutuhkan untuk memanfaatkan layanan ExpressRoute ini tergantung dari seberapa besar bandwidth, jarak, serta tipe koneksi yang dibutuhkan. Layanan yang ditawarkan di sini hanya mencakup layanan leased line ke arah layanan komputasi awan Microsoft Azure. kbc10

Bagikan artikel ini: