Dihadiri Rachmat Gobel, DPW NasDem Jatim tanam ribuan mangrove di Banyuwangi

Minggu, 28 Agustus 2022 | 20:03 WIB ET
Raxhmat Gobel (tengah) saat penanaman mangrove di Desa Kedungasri, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Minggu (28/8/2022).
Raxhmat Gobel (tengah) saat penanaman mangrove di Desa Kedungasri, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Minggu (28/8/2022).

BANYUWANGI, kabarbisnis.com: DPW Partai NasDem Jawa Timur melakukan penanaman ribuan pohon mangrove di Desa Kedungasri, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, pada Minggu (28/8/2022). Kegiatan penghijauan tersebut merupakan bagian dari aksi Kenduri (Kendalikan, Lindungi, dan Lestarikan) Bahari yang digalakkan Partai NasDem.

Kegiatan yang juga merupakan bagian dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI yang diselenggarakan Partai NasDem juga dihadiri Wakil Ketua DPR RI sekaligus kader Partai NasDem, Rachmat Gobel.

Pada kesempatan itu, Rachmat Gobel menegaskan bahwa keseriusan partainya melakukan aksi penanaman pohon merupakan langkah antisipasi perubahan iklim yang menjadi permasalahan dunia.

"Ini bagian dari upaya mengantisipasi perubahan iklim yang dihadapi dunia saat ini. Mudah-mudahan dari sini nanti akan meningkatkan produksi oksigen yang sangat dibutuhkan masyarakat dunia dan kebutuhan orang banyak," kata Gobel di sela kegiatan penanaman.

Pada kesempatan tersebut, Gobel juga berkesempatan mengikuti tradisi melarung sesajen di tengah teluk, sebagai wujud syukur dari para nelayan setempat. Gobel menganggap kesempatan tersebut sebagai pengalaman luar biasa. Dia mengatakan, dari pengalaman tersebut juga dirinya bisa merasakan bagaimana perjuangan para nelayan untuk bisa menghidupi keluarga dan memberikan kontribusi bagi kesejahteraan bangsa.

"Para nelayan ini juga pejuang yang ikut berperan di dalam mengisi pembangunan negeri ini. Karena tanpa para nelayan, saya kira kita tidak akan bisa menikmati hasil kekayaan alam yang diberikan Allah Tuhan yang Maha Esa," ujarnya.

Gobel juga mengaku telah menampung berbagai aspirasi para nelayan, yang salah satunya adalah meminta perbaikan dermaga. Dia menegaskan usulan dari para nelayan itu akan disampaikan di rapar anggota dewan, untuk ditindaklanjuti.

"Nanti kita rumuskan apa yang harus kita perbaiki supaya nelayan di sini bisa ditingkatkan produktivitasnya," ujar Gobel.

Gobel menegaskan peran penting para nelayan dalam memenuhi kecukupan sektor pangan di megeri ini. Apalagi saat ini dunia sedang memasuki masalah krisis pangan. Indonesia, kata dia, dianugerahi laut yang luas dan besar dengan seisinya, yang jika dimanfaatkan dengan baik akan menjaga kestabilan sektor pangan.

"Ini tentu harus kita berdayakan agar mendapat nilai tambah untuk bisa mengatasi masalah krisis pangan," ucapnya.

Di tempat yang sama Ketua DPW NasDem Jatim, Sri Sajekti Sudjunadi menambahkan, aksi penanaman mangrove yang dijalankan partainya sebagai wujud syukur terhadap Tuhan yang Maha Esa. Sebab, kata dia, aksi tersebut bisa disebut sebagai upaya menjaga keindahan alam yang telah dianugerahkan Tuhan yang Maha Esa.

"Menanam mangrove sebagai bukti syukur terhadap Gusti Allah yang telah menganugerahkan terhadap kita alam yang indah ini," kata Bunda Janet, sapaan akrab Sri Sajekti Sudjunadi.

Selain penanaman ribuan pohon mangrove, kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan acara jalan sehat yang diikuti ribuan warga setempat. Untuk membuat acara yang digelar lebih meriah, DPW NasDem Jatim menyiapkan berbagai doorprize menarik. Doorprize yang disediakan terdiri dari dua ekor sapi, sepeda listrik, lemari es, dan berbagai hadiah menarik lainnya. Untuk membakar semangat para peserta, Bunda Janet mengajak peserta meneriakkan ucapan 'Dirgahayu Republik Indonesia' sebelum jalan sehat dimulai.

"Dirgahayu Republik Indonesia," kata Bunda Janet dengan penuh semangat, yang kemudian diikuti teriakan ribuan peserta dengan kompak.

Bunda Janet menerangkan, kegiatan yang digelar ini sebagai upaya Partai NasDem menciptakan masyarakat yang sehat. Sebab menurutnya, bangsa yang kuat adalah bangsa yang masyarakatnya sehat. Dia pun mengajak masyarakat Desa Kedungasri untuk bergembira dan bersuka ria mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang digelar.

"Kita jalan sehat dengan suka ria, dengan bergembira. Ingat, bangsa Indonesia akan menjadi kuat jika kita sehat," ujar Bunda Janet. kbc10

Bagikan artikel ini: