Duh! Samsung akui hacker berhasil curi data pelanggan akibat serangan siber

Senin, 5 September 2022 | 13:07 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Samsung menyebut jika perusahaan baru saja mengalami inseden serangan siber. Raksasa teknologi asal Korea Selatan itu menyebutkan, para hacker berhasil mencuri beberapa informasi pribadi pelanggan.

Pihak perusahaan mengatakan, data-data yang dicuri berupa nama, kontak, informasi demografis, tanggal lahir, dan informasi pendaftaran produk berhasil dicuri.

Dikutip dari Engadget, Minggu (4/9/2022), sementara itu, nomor jaminan sosial, serta nomor kartu kredit dan debit masih aman.

Samsung sendiri belum mengungkapkan berapa banyak pelanggan yang menjadi korban kebocoran data, tetapi perusahaan mengaku telah memberi tahu beberapa pelanggan yang menjadi korban secara langsung melalui email.

Samsung menjelaskan, seseorang memeroleh akses tidak sah ke sistemnya pada akhir Juli. Kejadian itu, baru diketahui pada awal Agustus, di mana hacker telah mencuri data pelanggan, tetapi perangkat konsumen tidak terpengaruh.

Perusahaan menegaskan, telah mengambil langkah-langkah untuk mengamankan sistemnya dan membawa perusahaan keamanan siber pihak ketiga.

Mereka juga mengklaim tengah dalam komunikasi dengan penegak hukum.

Namun, pelanggan tetap diimbau untuk berhati-hati jika menerima email dari pihak asing.

"Kami berkomitmen untuk melindungi keamanan dan privasi pelanggan kami," kata Samsung.

"Kami akan terus bekerja dengan rajin untuk mengembangkan dan menerapkan langkah-langkah segera dan jangka panjang berikutnya untuk lebih meningkatkan keamanan di seluruh sistem kami," pungkas Samsung. kbc10

Bagikan artikel ini: