Pemerintah sebut konversi kompor listrik tidak dterapkan tahun ini

Sabtu, 24 September 2022 | 13:11 WIB ET
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan bahwa pemerintah belum akan menerapkan program konversi kompor listrik dalam tahun ini.

Airlangga Hartarto menyebutkan bahwa, sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa, menghargai monitor pemberitaan di media dan melihat langsung di lapangan mengenai penggunaan LPG 3 kg menjadi konversi kompor listrik atau induksi.

Hal ini dikarenakan pembahasan anggaran dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI masih belum ada pembicaraan dan belum ada persetujuan.

"Pemerintah belum memutuskan terkait program konversi LPG 3 Kg menjadi kompor listrik induksi. Namun dapat dipastikan program ini tidak akan dilakukan di tahun 2022," ujar Airlangga dalam Konferensi Pers terkait Program Konversi Kompor LPG 3 Kg ke Kompor Induksi Listrik, Jumat (23/9/2022).

Nantinya, hasil uji coba tersebut akan dilakukan evaluasi dan perbaikan, sehingga pemerintah akan menghitung secara hemat baik segala biaya dan risiko, memperhatikan kepentingan masyarakat, serta mensosialisasikan kepada masyarakat sebelum program tersebut dilakukan.

"Saya sampaikan bahwa pemerintah belum memutuskan terkait program konversi LPG 3 Kg menjadi kompor listrik induksi," katanya.

Dia menjelaskan, pemerintah akan menghitung dengan cermat segala biaya dan risiko, memperhatikan kepentingan masyarakat, serta mensosialisasikan kepada masyarakat sebelum program konversi kompor LPG 3 kg ke kompor listrik induksi diberlakukan.

Program konversi kompor LPG 3 kg ke kompor listrik induksi dilakukan untuk mendukung program pemerintah terkait ketahanan energi nasional melalui program pengalihan energi berbasis impor menjadi energi berbasis domestik. kbc10

Bagikan artikel ini: