Resmi diusung sebagai capres, Nasdem serahkan Anies Baswedan pilih pasangannya

Senin, 3 Oktober 2022 | 12:34 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Partai Nasdem resmi memutuskan mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

Diketahui, Nasdem telah mempunyai tiga bakal capres yang akan diusung di pesta demokrasi, yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

"Nasdem melihat sosok Anies Baswedan, kami mempunyai keyakinan, pikiran-pikiran perspekktif baik secara makro maupun mikro sejalan dengan apa yang kami yakini," ujar Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh saat deklarasi di Nasdem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Gubernur DKI Jakarta yang akan berakhir masa jabatannya pada pertengahan Oktober 2022 itu nampak duduk mendampingi Surya Paloh saat pengumuman deklarasi.

"Kami ingin menitipkan perjalanan bangsa ke depan, insya Allah jika Bapak Anies terpilih menjadi presiden, pimpinlah bangsa ini menjadi bangsa lebih bermatartabat, bangsa yang mampu membentuk karakter," sebut Surya Paloh.

Terkait bakal calon wakil presiden, Surya Paloh menyerahkan sepenuhnya kepada Anies Baswedan untuk memilih pasangannya. Sebagai bakal calon presiden yang diusung NasDem, Anies memiliki otoritas penuh untuk mencari wakilnya.

"Soal cawapres kalau NasDem ya sudah kasih otoritas sama bung Anies," ujar Surya Paloh.

Dia menyebut, NasDem tidak ingin memaksa kehendak untuk mencari calon wakil presiden untuk Anies. Karena kalau wakilnya tidak cocok, hanya cari penyakit.

"Bagaimana kita tiba-tiba pilih cawapres yang enggak cocok sama dia. Itu namanya cari penyakit," kata Paloh.

Paloh mengatakan, NasDem menginginkan terbangunnya pemerintahan dengan kabinet kuat, solid dan harmonis.

Dia percaya, Anies mampu mencari pasangan yang cocok untuk mengantarnya menjadi presiden di 2024.

"Ketika yakin pilih capres kita harus yakin pilih kesempatan ke dia untuk pilih cawapres," kata Paloh.

Di kesempatan yang sama, Anies menyatakan menerima pinangan NasDem maju dalam kontestasi Pilpres. "Bismillah kami terima, kami siap," kata Anies.

Anies mengaku tidak ragu ketika diajak Surya Paloh dan NasDem menjadi Capres. Dia mengaku siap bekerjasama dengan NasDem untuk memperbaiki pekerjaan rumah yang belum selesai di era Presiden Joko Widodo.

"Ketika Bang Surya dan teman-teman NasDem mengajak kami berdampingan meneruskan republik ini, perbaiki yang kurang, tuntaskan yang belum, maka dengan mohon ridho Allah dan seluruh kerendahann hati, kami terima demi bangsa Indonesia," ujar Anies. kbc7

Bagikan artikel ini: