Sah! Persda Jatim garap blok migas Bawean

Selasa, 4 Oktober 2022 | 17:54 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan PT Bumi Pratiwi Hulu Energi sebagai pemenang Lelang Penawaran Langsung Wilayah Kerja (WK/Blok) Minyak dan Gas Bumi Bawean, lepas pantai Jawa Timur (Jatim).

Dirjen Migas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji menyampaikan, keputusan tersebut berdasarkan hasil penilaian atas dokumen partisipasi dari peserta lelang.Blok Bawean ini merupakan bagian dari Lelang Penawaran Langsung Wilayah Kerja Migas Konvensional Tahap I Tahun 2022 yang dibuka pada 20 Juli 2022 lalu.

Adapun WK Bawean terletak di lepas pantai Jawa Timur dengan potensi sumber daya diperkirakan sekitar 100 juta barel minyak (MMBO) dan 680 miliar kaki kubik (BCF). Kontrak migas yang ditawarkan yakni tipe cost recovery. "Pemenang memiliki komitmen pasti lima tahun sebesar US$22,39 juta dan bonus tanda tangan US$300 ribu," ungkap Tutuka di Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Adapun kegiatan komitmen pasti dalam lima tahun awal yakni komitmen eksploitasi berupa memperbaiki fasilitas produksi, mengebor dua sumur workover dan satu sumur pengembangan, serta studi GGRE. Sedangkan komitmen eksplorasi berupa acquisition and processing 3D seismic 300 km2 dan studi geologi dan geofisika (G&G).PT Bumi Pratiwi Hulu Energi juga berkomitmen untuk dapat memulai produksi pada tahun pertama kontrak.

"Dengan dilaksanakannya pengumuman pemenang ini, Wilayah Kerja Bawean dapat segera kembali berkontribusi dalam menjaga produksi minyak dan gas bumi nasional," ujarnya.

Selain pengumuman pemenang wilayah kerja tersebut, saat ini untuk Lelang Reguler Wilayah Kerja Migas Tahap I 2022 juga masih berjalan yang terdiri dari 3 Wilayah Kerja yaitu Arakundo, Bengara I dan South Makassar.Jadwal akses Dokumen Lelang untuk Lelang Reguler masih dibuka sampai dengan tanggal 15 November 2022, sedangkan pemasukan Dokumen Partisipasi sampai dengan tanggal 17 November 2022.

Sebelumnya, pada 20 Juli 2022 lalu pemerintah menawarkan enam blok migas pada Lelang WK Tahap 1 2022. Keenam wilayah kerja migas tersebut terdiri dari 1 wilayah kerja migas eksplorasi dengan mekanisme penawaran langsung, 2 wilayah kerja migas eksplorasi dengan mekanisme penawaran langsung, dan 3 wilayah kerja migas eksplorasi dengan mekanisme lelang reguler.

Adapun wilayah kerja migas yang ditawarkan tersebut di antaranya:

1. WK Bawean, lepas pantai Jawa Timur.

2. WK Offshore North West Aceh (Meulaboh), lepas pantai Aceh.

3. WK Offshore South West Aceh (Singkil), lepas pantai Aceh.

4. WK Arakundo.

5. WK Bengara 1.

6. WK South Makasar.kbc11

Bagikan artikel ini: