Harga Pertamax turun, bagaimana dengan Pertalite?

Selasa, 4 Oktober 2022 | 18:23 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Pertamina (Persero) telah menurunkan harga Pertamax dari Rp 14.500 per liter menjadi Rp 13.900 per liter. Ini disebut karena adanya penurunan harga minyak dunia yang terjadi beberapa waktu belakangan. Lalu bagaimana dengan harga Pertalite, akankah harganya juag akan turun?

Dirjen Migas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji berpendapat, harga jual Pertalite juga bisa saja ikut turun. Namun, berbeda dengan Pertamax, menurutnya, Pertalite tidak bisa serta merta turun harga mengikuti mekanisme pasar.

Alasannya, Pertalite masuk dalam kategori Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP). Dengan kata lain, ada peran subsidi pemerintah dalam penentuan harganya.

"Pertalite kan JBKP, artinya nurunkan subsidi. Kalau JBU (Jenis BBM Umum/Pertamax) kan itu perusahaan itu sendiri, (sama seperti) swasta karena berhubungan langsung dengan harga minyak dunia," kata Tutuka di Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Dikatakannya, harga Pertalite saat ini berada di bawah harga keekonomian. Sama halnya dengan harga yang berlaku untuk Solar. Diketahui, Pertalite dibanderol Rp 10.000 per liter, dan Solar dipatok Rp 6.800 per liter. "Kalau pertalite itu kan harganya memang subsidi, dan di bawah harga keekonomian, masih jauh dari harga keekonomiannya," ujarnya.

Jika harga minyak dunia terus mengalami penurunan, ada kemungkinan harga BBM subsidi pun ikut turun. Kendati, dia tidak mengungkap patokan harga minyak dunia yang bisa mempengaruhi penurunan harga Pertalite ataupun Solar subsidi. "Kalau harga minyak (dunia) turun banget bisa saja (BBM Subsidi turun)," ungkapnya.

Sementara harga rata-rata minyak mentah Indonesia pada September 2022 berdasarkan perhitungan Formula Indonesian Crude Price (ICP) ditetapkan sebesar US$86,07 per barel, turun sebesar US$8,10 per barel dari US$94,17 per barel pada Agustus 2022.

Penetapan ini tercantum dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 140.K/MG.03/DJM/2022 tentang Harga Minyak Mentah Indonesia Bulan September 2022, ditetapkan pada 3 Oktober 2022.

"Harga rata-rata minyak mentah Indonesia untuk bulan September 2022 ditetapkan sebesar US$86,07 per barel," demikian bunyi diktum keempat Kepmen tersebut.kbc11

Bagikan artikel ini: