Tekan backlog, PUPR siapkan skema pemilikan rumah secara bertahap bagi MBR

Rabu, 5 Oktober 2022 | 10:51 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah terus mendorong untuk menekan tingkat backlog rumah di Tanah Air. Kali ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyiapkan skema pemilikan rumah staircasing atau kepemilikan rumah secara bertahap untuk memfasilitasi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Jadi pada prinsipnya skema staircasing ownership ini tentang keterjangkauan untuk mendapatkan hunian (rumah)," kata Direktur Pelaksana Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Haryo Bekti Martoyoedo, dalam media briefing PUPR, di Jakara, Selasa (4/10/2022).

Dia menjelaskan bahwa skema ini bisa diperuntukkan untuk masyarakat baik dengan penghasilan tetap maupun tidak tetap selama sesuai dengan ketentuan syarat yang berlaku.

Untuk di tahun ini, bagi masyarakat yang tidak berpenghasilan tetap bisa dilayani menggunakan BP2PT sementara yang berpenghasilan tetap sendiri dilayani oleh FLPP. Sementara BP tapera itu dapat melayani keduanya.

Sementara Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengatakan PUPR mencatat backlog kepemilikan rumah pada tahun 2021 sebesar 12,7 juta rumah tangga.

Selain itu, Indonesia juga mengalami pertumbuhan 600.000 keluarga setiap tahunnya. Oleh karenanya diperlukan program besar dan terjangkau untuk masyarakat dengan pendapatan terendah agar bisa memiliki hunian. kbc10

Bagikan artikel ini: