Pengguna QRIS tembus 23 juta, didominasi UMKM

Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:01 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bank Indonesia (BI) mencatat jumlah pengguna sistem pembayaran digital Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) terus bertambah dan semakin mendekati target 30 juta pengguna di 2022.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, saat ini jumlah pengguna QRIS sudah mencapai 23 juta pengguna di mana 20,5 jutanya merupakan UMKM dan 90 persen di antaranya merupakan usaha kecil dan mikro.

"Penggunaan QRIS juga meningkat sekarang mencapai sekitar 23 juta, kami bertujuan untuk mencapai 30 juta (pengguna) QRIS," ujar Perry saat acara Simposium Tingkat Tinggi G20 GPFI, Selasa (4/10/2022).

Untuk mencapai target pengguna tersebut, di sisa tahun 2022 ini BI terus memperluas penggunaan QRIS sebagai fasilitas pembayaran digital yang mendorong interlinking antara bank dan fintech.

Dia menyebut, bertambahnya jumlah pengguna QRIS ini seiring dengan peningkatan inklusi keuangan di Indonesia yang ditargetkan pada 2024 dapat mencapai 90 persen.

Misalnya berdasarkan Survei Nasional Keuangan Influsif, pada 2021 sebanyak 65,5 persen penduduk dewasa Indonesia sudah memiliki rekening di lembaga keuangan informal. Realisasi ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 61,7 persen.

Sementara dari sisi penggunaan produk dan layanan keuangan formal, tercatat 83,6 persen masyarakat telah mengakses produk dan layanan keuangan formal termasuk tidak hanya melalui rekening bank tetapi juga melalui berbagai sistem pembayaran digital. Capaian ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 81,4 persen.

Ke depan, BI akan terus mendorong digitalisasi sistem pembayaran digital baik untuk di perbankan, fintech, maupun e-commerce. Salah satunya dengan memperluas penggunaan QRIS terutama untuk kalangan UMKM.

"Tentu masih banyak hal yang harus kita lakukan lagi. Kita perlu meningkatkan inklusi keuangan digital kita, antara lain tentu saja memperluas untuk menyediakan infrastruktur pembayaran untuk semua segmen masyarakat," ujar Perry. kbc10

Bagikan artikel ini: