Pacu kendaraan listrik, PLN intens jajaki kerja sama dengan swasta

Kamis, 27 Oktober 2022 | 13:45 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah terus mendorong penggunaan kendaraan listrik oleh masyarakat guna mengurangi konsumsi energi fosil. Guna mendukung hal ini, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN gencar menjalin kerja sama bundling home charging dengan sejumlah agen pemegang merek (APM) kendaraan seperti Nissan, Hyundai, hingga Wuling.

Langkah itu untuk memacu pengembangan ekosistem kendaraan listrik. Selain itu, PLN juga tengah menjajaki kerja sama dengan Mercedes Benz, DFSK, Toyota, dan Mitsubishi.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, melalui layanan home charging itu, pemilik kendaraan listrik akan mendapat diskon 30 persen untuk pengisian daya pukul 22.00 hingga 05.00.

Selanjutnya, PLN memiliki program franchise stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) untuk mempercepat pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia.

Hingga Agustus 2022, terdapat 346 unit SPKLU di 295 lokasi, di mana PLN memiliki 181 unit SPKLU atau 52 persen dari total yang tersebar di 120 lokasi.

"PLN terus mendorong pengembangan EV ecosystem ini. Kami lakukan kerja sama franchising dan approach ke hotel, kantor-kantor, cafe, restoran hingga ke mal-mal yang memang memiliki lokasi aset strategis," kata Darmawan seperti dikutip, Rabu (26/10/2022).

Darmawan mengatakan, skema kerja sama SPKLU itu relatif diminati oleh swasta. Hingga saat ini, kata dia, terdapat puluhan badan usaha yang telah melakukan pendaftaran.

PLN juga melakukan pengembangan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU). Pada 18 September 2022, telah dilakukan uji operasi sebanyak 16 unit SPBKLU di DKI Jakarta dan sekitarnya (Kantor PLN Group) sebagai bagian dari inisiasi kerja sama, antara PLN, BRIN, Grab, dan Viar.

Selanjutnya, akan dilakukan penambahan empat unit yang akan terpasang di Oktober 2022 dan 53 unit terpasang di Desember 2022 sehingga total ada 73 unit yang terpasang sampai dengan Desember 2022.

Selain itu, PLN turut bekerja sama dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) untuk kredit kepemilikan kendaraan listrik, pembangunan SPKLU pada lokasi yang disediakan Himbara melalui skema franchise, pendanaan untuk pembangunan SPKLU, hingga penambahan channel pembayaran SPKLU PLN Mobile dengan produk perbankan Himbara.

"Pada intinya, apa yang dilakukan PLN ini bukan untuk generasi saat ini saja, tapi untuk generasi mendatang. Tujuannya adalah membuat lingkungan lebih bersih," kata dia. kbc10

Bagikan artikel ini: