Jangan panik! Begini cara mengaktifkan keyless entry bermasalah saat kondisi darurat

Rabu, 9 November 2022 | 08:28 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Para pabrikan kendaraan bermotor terus berlomba dalam menghadirkan teknologi ke produknya guna menarik banyak konsumen. Salah satu teknologi ini adalah keyless entry. Perangkat ini memungkinkan cara menghidupkan (starter) kendaraan hanya menekan tombol pada kunci tanpa harus memasukkan anak kunci ke pintu mobil.

Hanya saja, terkadang pemilik mobil sedikit panik jika kunci tidak berfungsi baik. Peugeot menyebut masalah ini sebagai sleep mode, dimana kunci dalam keadaan tidak aktif.

Tidak perlu khawatir menghadapi kondisi sleep mode pada keyless entry ini. Pasalnya hal ini dapat ditangani beberapa langkah untuk kembali mengaktifkan kendaraan SUV Peugeot.

Pertama, kendaraan yang masih terkunci dapat dibuka dengan anak kunci yang terdapat di dalam kunci remote. Kondisi pintu driver telah terbuka. Langkah selanjutnya untuk menghidupkan kendaraan dengan menempelkan kunci induk pada samping kiri stir dan, kemudian menekan start engine. SUV Peugeot on.

"Hal ini dapat diatasi dengan beberapa cara agar terhindar dari sleep mode. Pertama, lakukan rotasi penggunaan remote kunci antara kunci 1 dan 2 selama 14 hari sekali. Terakhir, jauhkan remote kunci dari benda berfrekuensi tinggi (handphone, laptop, smart TV, dll)," terang Roni Agung, Kepala Bengkel Astra Peugeot Sunter dalam keterangannya.

Namun demikian, kadang yang menyebabkan kunci remote tidak berfungsi akibat aki (battery) yang sudah lemah. Penggantian battery dapat dilakukan dengan mencopot cover kunci remote menggunakan obeng. Battery yang digunakan mesti sesuai dengan spesifikasi. kbc10

Bagikan artikel ini: