Jokowi berambisi kereta cepat Jakarta-Bandung beroperasi pertengahan tahun depan

Kamis, 17 November 2022 | 12:44 WIB ET

BADUNG, kabarbisnis.com: Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat berharap Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa beroperasi pada Juni 2023. Saat ini progresnya telah mencapai 80,40%.

Optimisme Jokowi tentang Kereta Cepat Jakarta-Bandung disampaikan saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping usai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

"Tadi kita telah melihat penyelesaian proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung dan saya optimis kereta cepat ini dapat beroperasi di bulan Juni 2023," kata Jokowi di The Apurva Kempinski Bali, Rabu (16/11/2022).

Sebelumnya, Jokowi dan Xi Jinping nonton bersama uji coba proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Proyek ini memiliki panjang 142,3 km di mana terdapat 4 stasiun pemberhentian yaitu Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang dan Stasiun Tegalluar dengan kecepatan operasi maksimum 350 km/jam.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan target operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada pertengahan tahun depan tidak akan molor lagi.

"Kami terus berkoordinasi dengan baik untuk memastikan penyelesaian proyek ini pada pertengahan tahun depan. Ini harus jadi dan tidak boleh mundur. Itu adalah tekad saya pribadi untuk menyelesaikan proyek ini," tegas Luhut.

Luhut pun mengundang Xi Jinping agar bisa kembali ke Indonesia pada pertengahan tahun depan untuk menghadiri peresmian operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung bersama Jokowi.

"Kami harapkan presiden Xi Jinping bisa menghadiri peresmian operasional kereta cepat Jakarta-Bandung pada pertengahan tahun depan bersama Presiden Jokowi," tuturnya. kbc10

Bagikan artikel ini: