Ada 100 juta orang miskin baru ibas Covid-19, sebagian besar di Indonesia

Jum'at, 25 November 2022 | 10:07 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pandemi Covid-19 yang berlangsung lebih dari dua tahun selain menyebabkan banyaknya korban jiwa juga telah menyebabkan munculnya 100 juta orang miskin baru di dunia.

Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin menyebut, data tersebut dikeluarkan oleh Bank Dunia.

Wapres bilang, sebagian dari 100 juta orang itu, ada di Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah terus menggelontorkan berbagai macam program untuk menanggulangi masalah kemiskinan.

"Bank dunia menginformasikan pandemi di tahun 2021, menyebabkan munculnya seratus juta orang miskin baru di dunia, tak terkecuali juga di Indonesia. Banyak negara juga terkena dampak ekonomi dan dinamika global saat ini," ujar Ma'ruf Amin dalam sambutannya yang disampaikan secara daring, di acara Indonesia Sustainable Development Award (ISDA) 2022 dikutip, Kamis (24/11/2022).

"Pemerintah telah melakukan berbagai macam program pengembangan masyarakat, dan pembangunan infrastruktur sebagai upaya untuk mengentaskan kemiskinan tersebut," lanjut dia.

Pada kesempatan tersebut, Ma'ruf Amin mengatakan bahwa pemerintah berharap agar program penghargaan seperti ISDA, dapat diikuti dengan ragam aksi nyata dan berkesinambungan. Dia juga berharap aksi tersebut dapat menginspirasi pihak lain.

Wapres juga berharap program pengembangan masyarakat dapat dilakukan dengan pendekatan holistik melalui berbagai aspek, dan dapat menyentuh internal dan eksternal perusahaaan.

Selain itu, dia juga menyampaikan harapannya agar seluruh pemangku kepentingan dapat bersinergi agar semua program bisa terlaksana dengan baik. kbc10

Bagikan artikel ini: