Kompor listrik batal, pemerintah kaji bagi-bagi rice cooker gratis

Jum'at, 25 November 2022 | 17:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah mengkaji pemberian penanak nasi (rice cooker) gratis kepada masyarakat.

"Ini baru baru pembahasan.Belum sampai di publish bantuan e-cooking atau penanak nasi listrik," ujar Subkoordinator Fasilitasi Hubungan Komersial Usaha Ketenagalistrikan Ditjen Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan, Edy Pratiknyo di Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Dalam paparannya disebutkan, bantuan penanak nasi listrik (BPNL) ini sebanyak 680 ribu unit yang akan disalurkan ke seluruh Indonesia melalui APBN Kementerian ESDM 2023.

Dia mengatakan, program rice cooker ini tidak diperlukan penambahan daya dan nilai paket program ini sebesar Rp 500 ribu per keluarga penerima manfaat (KPM). Penerima bantuan ini akan mengacu data dari Kementerian Sosial (Kemensos).

"Terkait bantuan program penanak nasi, di mana rencana sebanyak 680 ribu unit penanak nasi yang disalurkan ke masyarakat, yang KPM tadi, kelompok penerima manfaat. Tentunya acuannya ke data dari Kementerian Sosial," jelasnya.

Tujuan dari program ini yakni mendukung pemanfaatan energi bersih, meningkatkan konsumsi listrik per kapita dan penghematan biaya memasak bagi masyarakat.kbc11

Bagikan artikel ini: