PTPN X sukses giling 4,72 juta ton tebu

Minggu, 27 November 2022 | 23:55 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Holding Perkebunan PTPN III (Persero) berhasil meningkatkan laba bersih sepanjang kinerja mulai Januari hingga Oktober 2022. Holding Perkebunan berhasil mencetak kenaikan laba bersih sebesar 66% dibanding periode sebelumnya.

Kesuksesan serupa juga berhasil dibukukan oleh PTPN X dari sisi produksi. Sabtu (26/11/2022) PTPN X berhasil menuntaskan giling di sembilan pabrik gula miliknya, dimana ditutup oleh PG Modjopanggoong Tulungagung. Total tebu digiling tahun 2022 ini 4,72 juta ton dengan rendemen 7%.

"Realisasi tebu digiling ini tercapai 112% dibandingkan dengan RKAP (Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan red.) 2022. PG Modjopanggoong sendiri menggiling 4,45 Juta Kuintal tebu," tegas Direktur PTPN X, Tuhu Bangun dalam keterangan resmi yang diterima kabarbisnis.com, Surabaya, Minggu (27/11/2022).

Indikator kinerja produksi lain juga melampaui realisasi tahun 2021. Berdasarkan laporan harian produksi per 24 November 2022, produksi gula mencapai 323.710 ton atau meningkat 26% dibandingkan 2021.

Pencapaian ini tentunya tidak terlepas dari dukungan seluruh manajemen, serikat pekerja, dan karyawan PTPN X. Tuhu Bangun mengucapkan terimakasih kepada seluruh manajemen, serikat pekerja, dan karyawan atas kinerja dan kontribusi selama musim giling tahun 2022.

Kesuksesan ini juga ditunjang dengan dukungan dari Holding Perkebunan sehingga giling PTPN X dapat berjalan dengan baik.

"Terima kasih kepada Holding Perkebunan karena telah mendukung baik dari sisi operasional maupun finansial, sehingga PTPN X dapat menyelesaikan giling dengan sukses dan mampu mencetak sejarah kinerja dalam kurun empat tahun terakhir," terang Tuhu.

Manajemen PTPN X juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari petani tebu sebagai mitra strategis dan masyarakat sekitar unit kerja. Sinergi antara PTPN X, petani  tebu, dan masyarakat ini diharapkan dapat terus terjalin ke depannya.

Selanjutnya, capaian ini akan dijadikan sebagai motivasi untuk kinerja yang lebih baik ke depannya. Manajemen PTPN X akan bergerak cepat untuk mengevaluasi kinerja giling 2022 guna hasil giling pabrik gula di tahun berikutnya yang lebih gemilang. Sehingga, PTPN X akan siap mengambil peranan terhadap terwujudnya Ketahanan Pangan Nasional, khususnya Swasembada Gula Nasional.kbc6

Bagikan artikel ini: