Hadapi tahun politik, Kadin harapkan stabilitas nasional tetap terjaga

Jum'at, 2 Desember 2022 | 17:14 WIB ET
Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid
Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid

JAKARTA, kabarbisnis.com: Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid menilai kerja sama pengusaha dan pemerintah dibutuhkan dalam menghadapi segala tantangan ekonomi di tahun mendatang sangat dibutuhkan. Terutama menjelang pesta demokrasi tahun 2024.

Menurut Arsjad, menjelang pemilihan umum (pemilu) 2024, baik kalangan pengusaha dan pemerintah harus bersama memastikan stabilitas politik dan keamanan negara. Dengan demikian, perkembangan ekonomi ke depan dapat terus dijaga.

"Di sini kita bersama-sama harus mencari jalan strategi yang memastikan Indonesia akan aman dan Indonesia perekonomiannya akan maju ke depan. Baik di skala regional, nasional maupun internasional," ujar Arsjad saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin Indonesia di Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Arsjad membeberkan sejumlah upaya yang akan dilakukan Kadin dalam mendukung pemerintah menjaga stabilitas ekonomi RI di masa mendatang. Dia menyebut, Kadin terus mendorong pelaku usaha menerapkan kemitraan yang inklusif melalui close loop system.

Upaya itu sejalan dengan komitmen Kadin untuk membantu dan mewujudkan visi besar Presiden Joko Widodo menuju Indonesia Emas 2045. "Sebuah kolaborasi antar stakeholder yang bertujuan untuk memberikan pendampingan dari perusahaan besar ke perusahaan kecil," kata dia.

Arsjad menekankan agar para pengusaha sudah mulai menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan dalam usahanya. Menurutnya hal itu penting dilakukan dunia usaha guna memastikan kesejahteraan rakyat Indonesia hingga generasi mendatang.

Dia pun mengajak pemerintah untuk mengawal bersama dalam mempertahankan pertumbuhan ekonomi RI di tengah situasi ekonomi global yang bergejolak. "Kadin dan para pelaku usaha siap untuk bekerja sama mendukung pemerintah untuk terus memperkuat perekonomian negara dengan semangat inklusif kolaboratif dan progresif," pungkas Arsjad.kbc11

Bagikan artikel ini: