Kemenhub lakukan pembatasan, hanya dua jenis angkutan barang ini boleh beroperasi saat Nataru

Rabu, 7 Desember 2022 | 14:37 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan kesiapan penyelenggaraan dan kelancaran angkutan selama Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Kemenhub pun tengah menyiapkan antisipasi dan langkah-langkah yang dinilai tidak biasa-biasa saja.

"Setiap tahun tantangan pengamanan tahun baru yang kita hadapi juga berbeda," kata Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno dikutip, Rabu (7/12/2022).

Hendro menjelaskan, kawasan Puncak Bogor memang menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi sehingga diperlukan penanganan secara cepat dan tepat. Untuk itu Kemenhub akan berkoordinasi dan manfaatkan sumber daya manusia yang ada di sekitar Bogor.

Selain itu, Ditjen Perhubungan Darat juga akan melakukan pembatasan angkutan barang saat Nataru. Pembatasan akan dilakukan pada H-3 perayaan Natal.

"Mulai hari Kamis tanggal 22 Desember nanti akan dilakukan pembatasan angkutan barang kecuali kendaraan yang mengangkut BBM dan bahan pokok," ujar Hendro.

Dia berharap dengan adanya persiapan awal ini, angkutan Nataru dapat berjalan dengan baik dan kondusif.

Kemenhub juga akan terus mengomunikasikan informasi terbaru kepada masyarakat terkait penyelenggaraan Nataru, sehingga dapat membantu masyarakat mengambil keputusan ataupun merencanakan perjalanan.

Sementara itu, Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi mengatakan, survei awal ini untuk memastikan kesiapan jajaran maupun sarana dan prasarana yang biasanya dijadikan sasaran untuk pengamanan Nataru.

Menurut Irjen Pol. Firman, jajarannya di wilayah Bogor sudah sering menghadapi acara masyarakat saat weekend dan sudah menyiapkan sedemikian rupa jalur-jalur yang akan digunakan saat angkutan Nataru.

"Bagi masyarakat yang sekadar ingin ke Puncak silakan masuk ke kantong-kantong parkir sampai nanti waktu yang ditentukan untuk semua turun satu arah menuju Jakarta lagi. Jadi tanggal 1 sudah clear dan untuk hari-hari berikutnya dapat berjalan sebagaimana mestinya," pungkas Firman. kbc10

Bagikan artikel ini: