Genjot kunjungan wisatawan, Sandiaga usulkan hari kejepit jadi libur nasional

Rabu, 11 Januari 2023 | 19:01 WIB ET
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengusulkan untuk menjadikan hari kejepit sebagai libur nasional di kalender.

"Hari kejepit nasional yang kita sebut sebagai kejepit nation terjadi tanggal merah. Pengoptimalisasian hari libur ini harus kita tingkatkan dalam target mencapai perjalanan wisatawan nusantara dan perekonomian domestik yang lebih besar," ujarnya dikutip, Rabu (11/1/2023).

Kemenparekraf sendiri telah menargetkan sebanyak 1,4 miliar perjalanan wisatawan nusantara akan terjadi di tahun 2023.

Kemudian pergerakan wisatawan nusantara tersebut dapat lebih optimal jika didongkrak dengan menjadikan hari kejepit sebagai libur nasional.

Nantinya pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya sektor pariwisata juga turut merasakan dampak positif dari penetapan hari kejepit menjadi libur nasional.

Namun dalam menetapkan hari kejepit sebagai libur nasional tidak bisa berdasarkan keputusan sepihak saja. Perlu yang namanya dukungan dan persetujuan lembaga atau kementerian lainnya.

"Kami akan terus konsisten mendukung dan membantu. Termasuk koordinasi dengan Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, serta Kementerian Agama," tuturnya. kbc10

Bagikan artikel ini: