Produksi smelter Freeport di Gresik disiapkan jadi terbesar di dunia

Minggu, 15 Januari 2023 | 21:32 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pembangunan smelter baru PT Freeport Indonesia (PTFI) di kawasan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik, Jawa Timur, merupakan design single line terbesar di dunia.

President Direktur PT FI Tony Wenas mengatakan, single line merupakan penggunaan pemurnian tembaga yang hanya satu jalur proses.Smelterr ini nantinya akan mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun.

"Ini single line yang paling besar ada di sini. Nomor 2 ada 1,6 juta ton itu di China," kata Tony, Minggu (15/1 2023).

Adapun untuk saat ini progres pembangunan smelter yang akan dijadikan tempat pemurnian konsentrat sudah mencapai 51,7 persen, dengan biaya sebesar US$1,63 miliar atau sekitar Rp 25 triliun.

"Nilai investasi total US$3 miliar atau Rp 45 triliun, dan sampai dengan saat ini prosesnya sudah 51,7 persen. Sudah menghabiskan biaya US$1,6 miliar atau sekitar Rp 25 triliun," ujar Toni.

Tony mengatakan, dengan dibangunnya smelter ini akan menjadi bagian penting dari ekosistem kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) yang sedang dicanangkan Pemerintah.

"Karena ekosistem EV itu terdiri dari nikel, kobalt aluminium, tembaga, grafit dan besi dan ini tentu akan menjadi bagian penting bagi ekosistem EV di Indonesia," jelasnya.

Selain itu, komoditas tersebut juga menjadi bahan baku penting untuk energi hijau atau renewable energy dibangun di berbagai negara dunia. Sementara itu, smelter ini ditargetkan rampung pada akhir Desember 2023. Dan akan mulai dioperasikan pada bulan Mei 2024.

"Rencana konstruksi fisik jadi bangunan fisik dan peralatan peralatan vital akan selesai pada akhir 2023. Dan selanjutnya dilakukan pre commissioning dan commissioning dan diharapkan Mei 2024 sudah bisa mulai start produksi," pungkasnya.kbc11

Bagikan artikel ini: