Industri penjualan langsung RI serap 17 juta tenaga kerja

Senin, 16 Januari 2023 | 08:24 WIB ET
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perdagangan (Kemendag) berkomitmen bersinergi dan berkolaborasi dengan pelaku usaha bidang penjualan langsung (direct selling) untuk membangkitkan perekonomian nasional pascapandemi Covid-19. Para pelaku penjualan langsung diharapkan juga bisa memasuki pasar internasional.

Hal ini disampaikan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pada pembukaan Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) Award 2022, akhir pekan lalu.

"Kemendag siap untuk bekerja sama agar perdagangan dan penjualan langsung dapat memberikan dampak positif bagi pelaku bisnis dan masyarakat, serta memberikan kontribusi dalam kebangkitan perekonomian Indonesia khususnya pascapandemi Covid-19. Kerja sama diperlukan karena kunci keberhasilan bangkit pascapandemi Covid-19 adalah kolaborasi," kata Mendag Zulkifli Hasan dikutip, Minggu (15/1/2023).

Berdasarkan data olahan Portal Sistem Informasi Pelayanan Terpadu (SIPT) tahun 2022, telah terdaftar 478 Perusahaan Penjualan Langsung.

Merujuk data publikasi dari World Federation Direct Selling (WFDSA) tercatat bahwa total penjualan langsung Indonesia tahun 2021 mencapai sebesar US$1.537 juta. Kegiatan usaha penjualan langsung Indonesia tahun 2021 berhasil menyerap 17.240.000 tenaga kerja. Dari jumlah itu, sebanyak 61 persennya merupakan tenaga kerja wanita.

Mendag Zulkifli Hasan mengapresiasi penyelenggaraan APLI Award 2022 sebagai ajang penghargaan kepada para Top Leaders yang mampu memasarkan produk secara langsung ke masyarakat sampai ke pelosok negeri sehingga produk-produk direct selling dapat dikenal dan dimanfaatkan oleh rakyat Indonesia.

"Saya ucapkan selamat dan sukses kepada APLI yang telah berhasil menyelenggarakan APLI Awards 2022 sebagai salah satu bentuk dukungan dari asosiasi kepada Pemerintah," imbuhnya. kbc10

Bagikan artikel ini: