Apa itu SLIK OJK? Begini cara cek skor kredit

Selasa, 17 Januari 2023 | 07:26 WIB ET

SAAT Anda ingin mengajukan pinjaman pada lembaga pembiayaan maka yang harus Anda ketahui apakah telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Namun, apakah Anda tahu tentang SLIK OJK ketika ingin melakukan peminjaman uang.

Apa itu SLIK OJK?

SLIK OJK memiliki informasi tentang sejarah debitur bank dan lembaga keuangan lainnya, dan dalam hal mengenai informasi tentang apakah pembayaran kredit sedang berlangsung atau tidak atau kelancaran pembayaran kredit.

Menurut situs resmi OJK, SLIK merupakan sistem informasi yang dikelola OJK untuk memfasilitasi pelaksanaan pengawasan dan layanan informasi di bidang keuangan.

Bahkan dapat digunakan untuk mempercepat proses pembiayaan, mengimplementasikan kredit atau manajemen risiko dana, memantau perilaku peminjam, mengelola sumber daya manusia untuk Pelapor SLIK, memantau kolaborasi antara Pelapor SLIK dan lainnya dan memperkuat. Disiplin di bidang keuangan.

Sebelum berganti nama, dikenal dengan BI Checking dan kemudian berganti nama menjadi SLIK. Hal ini seringkali menjadi sumber ketakutan bagi peminjam bank di kemudian hari. Karena banyak bank yang akan menolak pengajuan kredit yang diajukan oleh peminjam jika memiliki riwayat kredit yang buruk.

SLIK OJK memiliki informasi yang akurat, dimana catatan pembayaran dikumpulkan dari bursa antara bank dan lembaga keuangan. Informasi yang dicatat: identitas debitur, kontrak, pemilik dan pengurus (perusahaan bisnis) yang menjadi debitur, jumlah uang yang diterima, dan riwayat pembayaran jatuh tempo kredit, serta piutang tak tertagih.

Pertukaran informasi bank dan lembaga keuangan terkait dengan Biro Informasi Perkreditan (BIK) yang diatur oleh OJK. Data konsumen bulanan disediakan oleh BIK ke database OJK. OJK secara rutin mengumpulkan data tersebut dan memasukkannya ke dalam sistem SLIK OJK.

Fungsi SLIK OJK

Fungsi utama SLK OJK secara jelas tertuang dalam Surat Edaran OJK (SE) nomor 50/SEOJK.03/2017 tentang laporan dan permintaan informasi debitur. Dijelaskan, SLIK OJK dapat digunakan untuk mempercepat proses pemberian pembiayaan, menerapkan manajemen risiko, mendukung disiplin di sektor keuangan dan memantau perilaku peminjam.

Dibandingkan dengan SID (Sistem Informasi Debitur), SLIK merupakan sistem dengan jangkauan akses yang lebih luas. Padahal, sistem yang dibuat oleh SID hanya dapat diakses oleh lembaga perbankan atau penyedia jasa keuangan melalui BI saja.

Namun kini semua bisa dilakukan dengan mudah dengan masuk ke SLIKOJK.go.id, jadi tidak melalui BI lagi. Kreditur meliputi bank umum, bank daerah, bank umum syariah dan bank umum syariah. Namun, untuk saat ini, banyak orang lain yang diberikan hak untuk menjadi jurnalis.

Seperti Fintech atau financial technology, perusahaan microfinance, hingga simpan pinjam yang telah terdaftar dan ternyata memenuhi persyaratan khusus.

Ada banyak data kunci tentang SLIK, seperti nama, tempat, tanggal lahir, alamat dan NIK. Selanjutnya, SLIK juga memiliki data keuangan peminjam yang komprehensif mulai dari informasi terkait pinjaman, seperti jenis pinjaman, agunan, hingga limit kredit.

Selain itu, informasi kredit dan sumber daya keuangan, penjamin, sekuritas, praktik korporasi, dan rekening administratif juga tersedia di SLIK.

Kelebihan SLIK OJK

Dalam memahami SLIK OJK, penting untuk mengetahui keunggulannya dibandingkan SLIK sebelumnya. Beberapa dari mereka adalah:

1. Proses persetujuan kredit lebih cepat. Ini untuk para pengaju dengan sejarah kredit yang baik dan skor kredit yang baik.

2. Memperluas kesempatan akses pelaku UMKM (usaha kecil, mikro, dan kecil) untuk mengajukan pinjaman atau kredit. Apalagi jika kandidat memiliki reputasi keuangan yang baik. SLIK OJK akan membantu peminjam atau pemberi pinjaman mempertahankan reputasi kredit mereka.

Prosedur Cek SLIK OJK

Masyarakat yang ingin menggunakan layanan SLIK dapat langsung mendatangi kantor OJK baik di pusat maupun di daerah. Informasi alamat kantor OJK tersedia di www.ojk.go.id.

Namun sejak pandemi, OJK menerapkan sistem baru bagi mereka yang ingin mendapatkan informasi debitur atau disebut iDeb. Nah, jika Anda ingin mengetahui caranya, maka ikuti beberapa langkah dibawah ini:

Cara cek skor kredit dari SLIK OJK online:

1. Bagi Anda calon debitur yang ingin mengajukan pinjaman dan mendapatkan iDeb SLIK OJK, dapat mengisi formulir antrian online di laman https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/registrasi.

2. Langkah selanjutnya mengisi formulir yang di dalamnya terdapat formulir dengan banyak pilihan, seperti jenis pemohon, tanggal layanan dan kantor OJK. Untuk bagian kantor OJK, Anda harus mengisi semua data di kantor kantor pusat OJK di Jakarta.

Untuk kolom Kantor OJK, cantumkan kantor pusat OJK (Jakarta). Kalau di luar Jakarta atau kalau tidak di Jakarta tidak apa-apa karena tidak akan ada informasi tatap muka (hanya formal). Untuk kolom Hari Kerja, silakan pilih tanggal pengiriman informasi debitur SLIK melalui email. Pilih tanggal dan waktu saat limit masih tersedia. Setelah itu, klik "Lanjutkan".

3. Jika Anda sudah mendapatkan formulir tersebut, maka kamu bisa melanjutkan dengan mengisi semua data atau informasi yang dibutuhkan seperti nama lengkap, tanggal lahir, NIK, jenis kelamin, email dan nomor telepon.

Kolom alamat diisi berdasarkan yang tertera di KTP. Untuk field alamat lain isikan alamat selain alamat yang tertera di KTP.

4. Untuk menambah berkas yang dibutuhkan maka Anda juga harus menyerahkan fotocopy atau foto berkas dokumen asli seperti KTP atau kartu SIM bagi warga negara Indonesia, atau paspor bagi warga negara asing.

Untuk mengunggah dokumen, pilih "Kamera" jika Anda ingin segera memotret dokumen. Setelah itu centang kotak contract agreement dan ketik teks captcha pada kolom yang tersedia. Kemudian klik "Kirim".

Sementara itu, sebagai badan usaha, kamu juga harus menyiapkan dokumen identitas pengurus, NPWP badan usaha, dan dokumen pendirian perusahaan.

5. Setelah seluruh berkas Anda upload ke dalam aplikasi pendaftaran maka Anda disuruh menunggu email dari OJK yang berisi bukti registrasi antrian SLIK OJK online.

6. Setelah verifikasi dan konfirmasi, peminjam harus menghubungi nomor WhatsApp OJK-SLIK yang diberikan sebelumnya di email untuk menyelesaikan proses verifikasi data. Hal ini sangat penting sebagai pengamanan sistem.

Anda akan menerima email dari OJK dengan bukti pendaftaran antrian online SLIK. Setelah itu tunggu OJK melakukan verifikasi data. Ini adalah langkah verifikasi pertama. Jika lolos proses konfirmasi pertama ini, Anda akan menerima email lagi dari OJK berisi informasi hasil Antrian SLIK Online paling lambat H-2 sejak tanggal antrean.

7. Setelah selesai, SLIK OJK iDEb akan dikirimkan ke alamat email Anda. Jika Anda mengisi formulir dengan benar, Di email kedua ini, Anda akan menemukan formulir dan nomor WhatsApp OJK-SLIK.

Cetak formulir dan email dan tandatangani sebanyak tiga kali. Kemudian foto atau centang formulir tanda tangan dan kirim ke nomor WhatsApp OJK-SLIK yang tersedia di email. Kirimkan juga foto selfie Anda dengan menunjukkan KTP (atau paspor jika WNA). kbc10

Bagikan artikel ini: