188 Km tol baru bakal dibuka darurat saat mudik 2023, ini daftarnya

Selasa, 21 Maret 2023 | 07:31 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah bakal membuka 188,4 kilometer jalan tol baru secara fungsional untuk mendukung kelancaran arus mudik 2023. Tol fungsional merupakan jalan bebas hambatan darurat yang dibuka secara sementara untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas.

Mengutip data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Senin (20/3/2023), tol-tol fungsional ini tersebar di Pulau Jawa dan Sumatera. Sementara untuk tol baru yang dioperasikan secara komersil akan ada penambahan sepanjang 20,89 Km.

Selain menambah panjang jalan tol yang bisa digunakan, terdapat juga beberapa rest area fungsional yang bisa digunakan. BUJT diharapkan bisa mensosialisasikan hal ini untuk menjadi pilihan lain bagi masyarakat.

"Tantangan terbesar pengelolaan mobilitas rest area adalah mendorong para pemudik memanfaatkan rest area secara bergantian dan lebih maksimal agar tidak ada kendaraan parkir di badan Jalan Tol. Selain itu juga terdapat 2 hal penting yang difokuskan, yang pertama adalah persepsi masyarakat yang menggunakan rest area favorite dan tidak favorite karena hampir semuanya ingin ke rest area favorite seperti contohnya di Jalan Tol Semarang-Solo ada Rest Area Km 456 dan di Banjaratma Km 260B Jalan Tol Pejagan-Pemalang," kata Kepala BPJT Danang Parikesit.

Bagi yang menggunakan kendaraan listrik, saat ini juga terdapat fasilitas pendukung Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area Km 207A dan Km 389B Jalan Tol Trans Jawa serta di rest area Km 163A Jalan Tol Trans Sumatera.

Kemudian juga dalam mengantisipasi pengisian bahan bakar kendaraan di rest area juga ditambahkan layanan SPBU di rest area Km 792B Jalan Tol Gempol-Pasuruan, rest area Km 819A Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo, dan rest area Km 66A Jalan Tol Pandaan-Malang.

Berikut 188,4 km Jalan Tol yang akan dioperasikan secara fungsional mendukung arus mudik lebaran 2023:

Jalan Tol Cinere - Jagorawi Seksi 3B Krukut - Limo (2,2 Km)

Jalan Tol Serpong - Cinere Seksi 2 Pamulang - Cinere (3,6 Km)

Jalan Tol Cibitung - Cilincing Seksi 4 Taruma Jaya - Cilincing (7,3 Km)

Jalan Tol Solo - Yogyakarta Sebagian Seksi 1.1 (6,1 Km)

Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi Blang Bintang - Baitussalam (13,2 Km)

Jalan Tol Ciawi - Sukabumi Seksi 2 Cigombong - Cibadak (11,9 Km)

Jalan Tol Cimanggis - Cibitung Seksi 2A Jatikarya - Cikeas (3,5 Km)

Jalan Tol Pasuruan - Probolinggo Seksi 4A Probolinggo Timur - IC Gending (8,6 Km)

Jalan Tol Stabat - Tanjung Pura sebagian Seksi 2 (7,2 Km)

Jalan Tol Kuala Tanjung - Parapat Seksi Kuala Tanjung - Pematang Siantar(96,5 Km)

Jalan Tol Dolok Merawan Sinaksak (20,40 Km)

Jalan Tol Jakarta - Cikampek 2 Selatan Paket 3 Kutanegara - Sadang (8,5 Km). kbc10

Bagikan artikel ini: