Kemenkominfo prediksi lonjakan trafik data capai 36 persen di libur Lebaran

Kamis, 20 April 2023 | 10:38 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memprediksi adanya lonjakan trafik data sebesar 11-36 persen pada periode libur Lebaran 2023.

Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo Ismail mengatakan, pihaknya telah melakukan monitoring dan pemantauan jaringan untuk komunikasi seluler selama periode perjalanan mudik tahun ini. Dia memperkirakan pada Lebaran kali ini, akan terjadi lonjakan pergerakan arus mudik yang luar biasa dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Apalagi, setelah aturan PPKM resmi dicabut oleh Presiden Joko Widodo.

"Untuk tahun ini kita perkirakan lonjakan itu bisa mencapai angka 11 persen sampai 36 persen dari normal," ujarnya seperti dikutip, Rabu (19/4/2023).

Menurut Ismail, ini bukan angka yang kecil. Untuk itu, perlu adanya peningkatan kapasitas oleh masing-masing operator seluler Tanah Air, terutama di tempat-tempat besar dan ramai.

Terkait kapasitas ini, dia memerinci bahwa Telkom Group telah menyiapkan peningkatan kapasitas internet sampai 395.000 GB/s. Telkomsel sendiri di kisaran 12.590 GB/s. Indosat, sambung Ismail, juga akan mengantisipasi lonjakan ini sampai dengan kapasitas 7.273 GB/s.

Sementara XL Axiata melaporkan kapasitas yang disiapkan mencapai 6.200 GB/s. "Smartfren mereka akan menyiapkan sampai dengan 400 GB/s," ucapnya.

Lebih lanjut Ismail menuturkan, demi menjaga kualitas jaringan telekomunikasi saat mudik Lebaran 2023, hal yang juga perlu jadi perhatian adalah cakupan jaringan atau coverage, terutama di daerah-daerah yang padat atau terjadi lonjakan pengguna.

"Misalnya di rest area tol dan sebagainya itu perlu disiapkan Mobile Combat BTS. Jadi bukan BTS yang sudah ada, tetapi khusus untuk lonjakan di daerah-daerah yang melonjak secara sesaat," terang dia. kbc10

Bagikan artikel ini: