Induk perusahaan Facebook berniat PHK 10 ribu karyawan di tahun ini

Jum'at, 21 April 2023 | 14:29 WIB ET
Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg

JAKARTA, kabarbisnis.com: Induk perusahaan Facebook, Meta bersiap kembali melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Melansir laman CNN, PHK kali ini menyasar para pekerja teknis termasuk Engineer.

Juru bicara Meta, Nkechi Nneji menyampaikan, CEO Mark Zuckerberg menyetujui rencana perusahaan memangkas 10.000 karyawan lagi dalam beberapa bulan mendatang. Pemberitahuan Zuckerberg menyebut restrukturisasi dan PHK di grup teknologi Meta akan berlangsung pada bulan April 2023.

Meta dilaporkan memberitahu karyawan Amerika Utara untuk bekerja dari rumah pada hari Rabu untuk mengantisipasi PHK. Anggota tim perekrutan Meta juga telah diberitahu tentang PHK tambahan bulan lalu, dan pemotongan ke grup bisnis perusahaan diharapkan terjadi pada akhir Mei.

Pengurangan 10.000 pekerja ini menandai putaran kedua PHK yang signifikan di Meta. Sebelumnya, pada bulan November lalu Meta telah menghilangkan sekitar 13 persen dari tenaga kerjanya, atau 11.000 pekerjaan, dalam satu putaran pemotongan terbesar dalam sejarahnya.

Meta mengatakan PHK ini bagian dari 'tahun efisiensi', karena perusahaan berusaha untuk memperbaiki keuangan akibat penurunan pendapatan iklan yang berulang. Selain itu, persaingan yang meningkat di industri digital juga ikut mempengaruhi pertumbuhan pengguna yang menimbulkan kerugian besar.

Zuckerberg juga telah mengambil tanggung jawab atas perekrutan berlebihan di awal pandemi, ketika ada permintaan yang kuat untuk produk perusahaan dan iklan online, yang agak menurun begitu dunia dibuka kembali.

Zuckerberg mengatakan, bulan lalu dalam beberapa kasus, mungkin diperlukan waktu hingga akhir tahun ini untuk menyelesaikan proses restrukturisasi stafnya.

"Seperti yang saya bicarakan tentang efisiensi tahun ini, saya telah mengatakan bahwa bagian dari pekerjaan kami akan melibatkan pemindahan pekerjaan dan itu akan berguna untuk membangun perusahaan yang lebih ramping dan lebih teknis serta meningkatkan kinerja bisnis kami untuk memungkinkan jangka panjang kami visi," kata Zuckerberg dalam pernyataan di Maret 2023 lalu. kbc10

Bagikan artikel ini: