Idul Adha diperkirakan jatuh pada 28 Juni 2023

Rabu, 3 Mei 2023 | 22:33 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Berdasarkan perhitungan astronomi, Hari Raya Idul Adha diperkirakan akan jatuh pada 28 Juni 2023. Sedangkan hari Arafat akan jatuh pada 27 Juni 2023.

Idul Adha atau hari raya kurban adalah salah satu perayaan besar dalam agama Islam, yang ditandai dengan hari libur pada negara-negara muslim. Selama Idul Adha, umat muslim di seluruh dunia akan berkumpul untuk melaksanakan sholat berjamaah, bersedekah dan menyembelih hewan kurban, yang biasanya berupa domba.

Sedangkan pada hari Arafat, umat Muslim yang menjalankan ibadah haji akan berkumpul di padang arafah yang lokasinya di luar Kota Mekah. Akan tetapi, jatuhnya hari raya Idul Adha di setiap negara akan berbeda-beda tergantung pada hilal (penampakan bulan).

Ibadah Haji dilakukan setiap tahun di Kota Mekah, Arab Saudi dan dilakukan hanya pada bulan Dhulhijjah berdasarkan kalender Islam. Ritual ibadah haji akan dimulai pada 26 Juni 2023 dan Idul Adha diprediksi jatuh pada 28 Juni 2023.

Tanggal tersebut kemungkinan bakal berubah tergantung pada penampakan bulan dan akan diputuskan oleh komite di Arab Saudi beberapa hari menjelang perayaan Idul Adha.

Pada hari raya Idul Adha, dilakukan penyembelihan hewan kurban. Menyembeli hewan kurban bisa dilakukan langsung setelah salat id tanpa harus menunggu khotbah selesai. Namun harus tetap menunggu salat Id benar-benar selesai, hal ini bisa menjadikan penyembelihan hewan kurban menjadi tidak sah karena hewan kurban dipotong sebelum waktunya.

Adapun hewan yang akan dikurbankan harus cukup umur, yang ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap. Untuk hewan unta minimal berusia 5 tahun dan masuk tahun ke 6. Sapi minimal berusia 2 tahun dan masuk tahun ke 3. Domba berusia 1 tahun serta kambing minimal berusia 1 tahun dan masuk tahun ke 2. kbc10

Bagikan artikel ini: