Dukung Perpres 68/2022, Kadin Jatim gelar pelatihan konsultan vokasi di Kediri

Rabu, 10 Mei 2023 | 03:24 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Upaya Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur untuk melaksanakan amanah Perpres 68/2022 tentang revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi terus dimaksimalkan. Setelah menggelar Kick off Capacity Development pada Sabtu (5/5/2023), maka pada Selasa (9/5/2023), Kadin Jatim bersama Kadin Institute menggelar pelatihan dan sertifikasi konsultan vokasi di Kota Kediri.

Kegiatan yang didukung oleh IHK Trier Jerman, Kadin Kota Kediri dan Pemkot Kediri tersebut diikuti oleh sekitar 20 peserta yang berasal dari berbagai daerah di wilayah karesidenan Kediri, diantaranya kota Kediri, Kabupaten Kediri, Tulungagung, Blitar, Magetan dan Madiun. Kegiatan juga dihadiri Ketua dan sejumlah pengurus Kadin di Karesidenan Kediri.

Manager Pelatihan Kadin Institute yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Tetap Bidang Fiskal Kadin Jatim, Darno mengatakan, pelatihan dan konsultan vokasi di Kota Kediri adalah satu langkah maju Kadin Jatim dalam menyikapi Perpres 68/2022.

Dia menegaskan, salah satu langkah strategis yang dilakukan Kadin Jatim adalah dengan membentuk Rumah Vokasi sebagai rumah bersama. Saat ini, Rumah Vokasi telah didirikan di Gresik dan rencananya hingga akhir tahun akan ada 10 daerah yang akan memiliki Rumah Vokasi.

"Dalam rangka menyiapkan pembentukan Rumah Vokasi di Kota Kediri ini maka pelatihan Konsultan Vokasi kami gelar di Kediri. Ini dalam rangka menyiapkan SDM yang akan mengisi di dalamnya. Rumah Vokasi akan menjadi tempat konsultasi terkait program vokasi, seperti pemagangan, pakerin, PKL dan lain sebagainya," tambah Darno.

Pelatihan yang sama juga akan digelar di Kota Batu, Pasuruan dan Surabaya. Hingga saat ini, jumlah Konsultan Vokasi di Jawa Timur mencapai 37 konsultan. Sementara jumlah ideal konsultan vokasi di setiap Rumah Vokasi mencapai sekitar 7 konsultan, disesuaikan dengan kebutuhan serta jumlah industri dan sekolahan yang ada.

Karena jumlahnya masih kurang, maka yang dilakukan Kadin adalah maksimalkan tenaga yang ada agar revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi di Jatim bisa berjalan maksimal.

"Untuk itu, Kadin gencar melakukan pelatihan konsultan. Dengan terbentuknya Rumah Vokasi dan konsultan vokasi. Harapan kami ketika Tim Koordinasi Daerah Vokasi (TKDV) telah dibentuk oleh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota, maka kami bisa langsung menjalankan. Jangan sampai ketika TKDV sudah dibentuk kita belum siap karena fungsi Kadin dalam Perpres 68/2022 sangat vital," pungkasnya.kbc6

Bagikan artikel ini: