Ekspor naik, pemerintah siapkan insentif buat industri tekstil

Rabu, 10 Mei 2023 | 08:26 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, pemerintah tidak hanya fokus terhadap hilirisasi tambang, tetapi juga di bidang industri tekstil.

Usai pandemi Covid-19 melandai, baik ekspor maupun impor produk tekstil indonesia mengalami tren kenaikan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, pemerintah menyiapkan berbagai insentif untuk mempertahankan pertumbuhan industri tekstil.

"Selain itu, reformasi kebijakan investasi yang berkelanjutan telah menarik banyak investasi baru ke dalam negeri. Pemerintah Indonesia akan terus melanjutkan reformasi pada aspek-aspek tersebut," katanya dikutip dari siaran pers, Selasa (9/5/2023).

Indonesia juga tengah memajukan transformasi ekonomi, mengubah dari penjualan komoditi kasar menjadi produk yang memiliki nilai tambah.

Diharapkan melalui transformasi ini, Indonesia dapat menjadi negara dengan pendapatan yang tinggi pada tahun 2045. Selama beberapa tahun terakhir, lanjut Luhut, Indonesia telah menunjukkan ketahanan dan kekuatannya terutama di tengah tantangan global yang terjadi selama beberapa tahun ke belakang.

Pemulihan ekonomi Indonesia terus berjalan tahun ke tahun sehingga ekonominya dapat kembali naik dan mencapai di atas 5 persen.

"Implementasi kebijakan hilirisasi selama ini terbukti memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia, dengan meningkatkan nilai ekspor memberikan kontribusi terhadap PDB, memperbaiki neraca perdagangan, penyerapan tenaga kerja, mengembangkan pusat-pusat pertumbuhan baru di luar Jawa untuk pemerataan pembangunan dan sebagainya," paparnya. kbc10

Bagikan artikel ini: