Menhub lastikan layanan penerbangan jemaah haji 2023 aman

Kamis, 25 Mei 2023 | 07:21 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan bahwa layanan penerbangan haji tahun 2023 berjalan aman, mulai dari kesiapan pesawat fasilitas sarana prasarana bandara, hingga personel yang bertugas dapat memberikan keamanan, keselamatan dan pelayanan maksimal bagi para jemaah.

"Ibadah haji adalah panggilan Allah SWT, karena tidak semua orang bisa menunaikan ibadah ini. Kepada para jemaah yang berangkat, tetap semangat menjalan ibadah dan semoga sehat selalu," ujar Budi dikutip dari keterangannya, Rabu (24/5/2023).

Dia menjelaskan, bagi jemaah haji lansia, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Agama untuk menyiapkan layanan ramah lansia sehingga para lansia lebih mudah mengakses fasilitas yang ada di bandara.

Untuk diketahui, kerajaan Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia menyepakati bahwa kuota haji tahun 2023 sebanyak 221.000 orang jemaah. Kuota ini terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler, dan 17.680 jemaah haji khusus. Jemaah haji dibagi menjadi 537 kloter dan diberangkatkan oleh 2 maskapai yaitu Garuda Indonesia yang akan melayani 287 kloter dan Saudi Arabian Airlines yang melayani 250 kloter.

Pemberangkatan gelombang pertama ke Madinah akan di mulai Rabu (24/5) hingga 7 Juni 2023. Kemudian dilanjutkan gelombang kedua ke Jeddah akan berangkat pada 8 hingga 21 Juni 2021. Sementara untuk kepulangan gelombang I dari Jeddah yakni pada 4 hingga 818 Juli 2023, dan gelombang II dari Madinah tanggal 19 Juli sampai 2 Agustus.

Sebagai informasi, pada tahun ini, ada sebanyak 13 Bandara Embarkasi Haji yang telah dipersiapkan untuk angkutan Haji, termasuk Bandara Kertajati yang pada tahun ini perdana melayani embarkasi dan debarkasi Haji. Ketigabelas Bandara tersebut yakni:

1. Bandara Sultan Iskandar Muda (BTJ/Banda Aceh)

2. Bandara Kualanamu (KNO/Medan)

3. Bandara Minangkabau (PDG/Padang)

4. Bandara Hang Nadim (BTH/Batam)

5. Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (PLM/Palembang)

6. Bandara Soekarno Hatta (CKG/Cengkareng)

7. Bandara Adi Sumarmo (SOC/Solo)

8. Bandara Juanda (SUB/Surabaya)

9. Bandara Syamsudin Noor (BDJ/Banjarmasin)

10. Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (BPN/Balikpapan)

11. Bandara Sultan Hasanuddin (UPG/Makassar)

12. Bandara Lombok (LOP/Praya)

13. Bandara Kertajati (KJT/Majalengka).

Selain itu, disiapkan pula enam bandara embarkasi haji antara, yaitu sebagai berikut:

1. Bandara Sultan Thaha Saifuddin (Jambi)

2. Bandara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru)

3. Bandara Fatmawati Soekarno (Bengkulu)

4. Bandara Depati Amir (Bangka Belitung)

5. Bandara Radin Inten II (Lampung)

6. Bandara Djalaluddin (Gorontalo). kbc10

Bagikan artikel ini: