Ngeri! WHO Ingatkan Pandemi Berikutnya Bisa Lebih Ganas

Senin, 29 Mei 2023 | 08:43 WIB ET
Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus
Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus

JAKARTA, kabarbisnis.com: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberi peringatan akan potensi datangnya pandemi berikutnya yang bisa saja lebih ganas dari Covid-19. Untuk itu kewaspadaan harus tetap dijaga.

Pernyataan tersebut datang dari Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, saat menghadiri Majelis Kesehatan Dunia di Swiss. Tedros mendesak negara-negara untuk mengantisipasi kemungkinan tersebut.

"Ancaman munculnya varian lain tetap ada, dan ancaman munculnya patogen lain dengan potensi yang lebih mematikan tetap ada," katanya seperti dikutip, Minggu (28/5/2023).

Tedros juga memperingatkan jika Covid-19 saat ini belum sepenuhnya hilang, namun segera hanya akan menjadi salah satu dari beberapa ancaman yang muncul.

"Berakhirnya Covid-19 sebagai darurat kesehatan global bukanlah akhir dari Covid-19 sebagai ancaman kesehatan global," ujar Tedros di hadapan negara-negara anggota.

Sebelumnya, para ahli sudah memperingatkan pertemuan manusia dengan satwa liar yang meningkatkan risiko penularan hewan ke manusia, yang kemungkinan menjadi pemicu Covid-19.

Sejak tahun 2009, jumlah patogen yang teridentifikasi oleh ilmuwan sudah 900 virus baru dan terus bertambah. Para pakar juga memperingatkan jika bukan hanya virus yang dikhawatirkan, namun ada potensi ancaman dari jamur yang mampu menginfeksi manusia dan menghindari fungisida.

Pernyataan Tedros seperti mengamini sentimen para ahli jika Covid-19 bukanlah satu-satunya pandemi dalam jarak menengah ke depan. "Kita akan mengalami pandemi lain," kata Bill Gates, pendiri Microsoft.

Pada pertemuan pekan lalu, Tedros mendesak negara-negara untuk merubah cara mereka bersiap menghadapi ancaman ini. "Jika kita tidak melakukan perubahan yang harus dilakukan, siapa lagi? Dan jika kita tidak melakukannya sekarang, lalu kapan?" ujar Tedros. kbc10

Bagikan artikel ini: