Awas! Malware Pencuri Foto Ancam Serang Ponsel Android

Kamis, 1 Juni 2023 | 10:39 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pengguna ponsel Android kembali mendapat ancaman virus berbahaya alias malware. Dinamai 'Daam', malware ini akan menyusup ke sistem ponsel untuk mengontrol perangkat dan mencuri data sensitif.

Bahkan, malware ini bisa mengambil tangkapan layar (screenshot) di ponsel korban, mengganti password perangkat, mencuri isi obrolan pesan singkat, hingga download/upload file.

Salah satu yang paling ngeri adalah kemampuan Daam untuk mengakses aplikasi kamera dan mencuri foto. Semua aktivitas ini bisa dilakukan oleh penjahat siber (hacker) tanpa sepengetahuan korban.

Hal ini diungkap Tim Tanggap Darurat Komputer India (Cert-In). Menurut temuannya, Daam mampu menembus program anti-virus dan menyebar ransomware pada perangkat yang ditargetkan.

Seperti malware pada umumnya, Daam tersebar lewat website dan aplikasi pihak ketiga yang di-download korban dari sumber mencurigakan.

"Ketika berhasil masuk ke sistem perangkat, malware ini akan menembus semua sistem keamanan korban," kata tim peneliti, dikutip dari TimesofIndia, Rabu (31/5/2023).

Untuk itu, pengguna HP Android diimbau untuk berhati-hati dengan berbagai link dan file aplikasi mencurigakan yang beredar di internet. Jangan sampai membuka sembarang link dari sumber tak jelas.

Anda juga patut curiga dengan hyperlink bitly atau tinyurl. Sebab, link berbahaya juga bisa bersembunyi di balik hyperlink yang lebih pendek.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk lebih hati-hati dengan nomor tak dikenal. Bisa jadi SMS yang masuk dengan nomor asing akan menyelipkan link berbahaya penuh malware.

Terakhir, pengguna ponsel Android dianjurkan untuk menginstal atau memperbarui secara berkala software anti-virus dan anti-spy. kbc10

Bagikan artikel ini: