Upload Video di Twitter Blue Kini Bisa Durasi hingga 2 Jam

Minggu, 4 Juni 2023 | 09:53 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Elon Musk kembali mengumumkan fitur eksklusif terbaru bagi pelanggan Twitter Blue. Kini pelanggan Twitter Blue bisa mengunggah video dengan durasi hingga dua jam.

Sebelumnya pelanggan Twitter Blue dapat mengunggah video dengan durasi hingga satu jam, jadi batasan barunya ditingkatkan dua kali lipat. Tapi untuk pengguna Twitter yang tidak berlangganan Twitter Blue durasi video yang tersedia tetap dua menit dan 20 detik.

Selain menambah durasi video, ukuran video yang dapat diunggah juga ditingkatkan dari 2GB menjadi 8GB. Namun kualitas maksimum untuk video yang diunggah tetap 1080p, seperti dikutip dari TechCrunch.

Update kali ini juga memungkinkan pengguna iOS untuk mengunggah video berdurasi panjang lewat aplikasi mobile Twitter, setelah sebelumnya hanya bisa diakses lewat web. Tapi pengguna Android masih harus menggunakan Twitter web untuk mengunggah video berdurasi di atas 10 menit.

Batasan durasi video yang lebih panjang ini sepertinya diluncurkan untuk membuat Twitter menjadi platform pilihan bagi kreator podcast atau sutradara film indie. Musk juga sebelumnya mengungkap ambisinya untuk membuat Twitter menjadi 'everything app' dan bersaing dengan platform seperti YouTube.

Tapi peluncuran durasi video yang lebih panjang ini langsung disalahgunakan oleh pengguna Twitter dengan mengunggah film bajakan. Seorang pelanggan Twitter Blue @coinbilly_ langsung mengunggah film 'Shrek the Third' secara penuh.

Mereka juga tidak sembunyi-sembunyi karena film bajakan itu diunggah langsung sebagai balasan terhadap cuitan Elon Musk. Cuitan dengan film bajakan itu sempat dilihat ratusan ribu kali.

Sekitar satu setengah jam setelah diunggah, cuitan dengan video film bajakan itu langsung dihapus oleh Twitter dan menggantikannya dengan pesan bahwa media itu dihapus sebagai respons dari laporan pemilik hak cipta.

Ini bukan pertama kalinya fitur video berdurasi panjang di Twitter disalahgunakan untuk menyebarkan film bajakan. Beberapa minggu yang lalu, pengguna Twitter mulai mengunggah film Super Mario Bros. Movie yang baru dirilis dalam beberapa bagian karena durasi video yang terbatas hanya satu jam. kbc10

Bagikan artikel ini: