PLN Ajak Mahasiswa Berdayakan UMKM Lokal

Senin, 5 Juni 2023 | 20:15 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT PLN (Persero) melalui program beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) mendorong mahasiswa untuk ikut memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah melalui program community development (Comdev).

Salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Maspokat binaan mahasiswa Unair mengaku telah mendapat omset puluhan juta sejak pertama kali dibuka.

"Dari buah alpukat diolah menjadi minuman alpukat kocok disajikan dengan berbagai varian rasa terbilang biasa tapi hasil omset yang didapat sejak launching Oktober 2022 Alhamdulillah di luar prediksi. Mulai dari penggalian ide usaha hingga pembinaan sepenuhnya didukung para mahasiswa ini," terang pemilik UMKM, Mohammad Ikhsan di Surabaya, Senin (5/6/2023).

Program UMKM lainnya yang mendulang sukses yakni hidroponik di Kantor Kelurahan Keputih dengan pendampingan mahasiswa ITS. UMKM ini tidak hanya membudidayakan sayuran secara hidroponik melainkan juga mengembangkan produk turunan yakni stik pakcoy dan chips coy.

"Hingga saat ini omset sayuran segar mencapai 17 juta. Kami juga membuat olahan stik pakcoy saat ini omset mencapai 3 juta lebih, sangat bermanfaat untuk kami ibu-ibu PKK beraktifitas dan mendapat penghasilan tambahan. Saat ini kami juga tengah dalam masa demo membuat chips coy," terang salah satu warga pengelola, Yesi Purwanti.

Mahasiswa program Comdev, Anwar Ibrahim menuturkan, produk-produk yang ditampilkan hari ini sudah melalui seleksi PLN dan tentunya melihat sumber daya dan potensi yang ada di masyarakat.

"Terima kasih kepada PLN telah memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu dan inovasi kepada masyarakat sehingga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penghasilan masyarakat," kata Anwar.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur Lasiran mengungkapkan, komitmen PLN akan terus hadir di tengah masyarakat melalui berbagai program.

"Jika TJSL kami biasanya langsung menyasar UMKM, tapi kali ini kami melalui mahasiswa memberikan bantuan pendidikan dan pendampingan serta inovasi untuk mampu membangkitkan ekonomi masyarakat khususnya di Jawa Timur. Semoga ke depannya makin banyak lagi masyarakat atau UMKM yang berdaya melalui PLN," pungkas Lasiran.kbc6

Bagikan artikel ini: