Pertamina Beri Pelatihan dan Peralatan Menjahit untuk Masyarakat di Tuban

Selasa, 6 Juni 2023 | 11:21 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Sebagai upaya peningkatan kemandirian masyarakat, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus melakukan kegiatan pelatihan dan pemberian peralatan menjahit kepada warga Desa Bangilan Kabupaten Tuban.

Sebanyak 16 unit mesin jahit, 2 unit mesin obras benang, 1 unit mesin potong kain, 1 unit mesin overdeck, 2 unit mesin kancing, 1 unit mesin bordir, 2 unit setrika uap, 1 unit komputer, dan 1 unit LCD proyektor diberikan langsung Pertamina kepada Lembaga. Dukungan ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina kepada masyarakat sekitar perusahaan.

Program bantuan ini diberikan kepada Perkumpulan Lembaga Kursus dan Pelatihan Gaya Remaja Taylor yang kedepannya diharapkan memberikan pendampingan dan pelatihan kepada masyarakat Desa Bangilan, Tuban untuk keterampilan menjahit.

Ketua Perkumpulan Lembaga Kursus dan Pelatihan Gaya Remaja Taylor, Muasyim melihat adanya potensi besar dari Warga Desa Bangilan di bidang menjahit ini, sehingga bantuan peralatan menjahit ini dapat membantu keterampilan masyarakat di bidang menjahit.

“Kami berharap bantuan peralatan menjahit bisa menjadi bekal keterampilan bagi mereka untuk bekerja ataupun berwirausaha agar dapat mengurangi jumlah pengangguran khususnya di sekitar wilayah Jawa Timur dan di Indonesia pada umumnya," ujar Muasyim dalam keterangan tertulis, Surabaya, Senin (5/6/2023).

Area Manager Comm., Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Ahad Rahedi menyampaikan bahwa dukungan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pertamina dalam meningkatan kualitas hidup masyarakat menuju komunitas yang mandiri guna mencapai pengembangan yang berkelanjutan.

Dukungan ini juga sebagai bentuk komitmen Pertamina untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)  atau Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya tujuan ke-8 yakni menyediakan kesempatan kerja produktif dan layak untuk semua, serta mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan.

"Selain mengimplementasikan SDGs, Pertamina turut berupaya menjalankan Environmental, Social & Governance (ESG) Management, terutama di bidang sosial. ESG merupakan langkah perusahaan dalam menjalankan bisnisnya yang berfokus pada keberlanjutan bisnis secara jangka panjang. Dengan cara ini, Pertamina yakin dapat senantiasa menghasilkan manfaat ekonomi di masyarakat sesuai dengan tanggung jawab lingkungan dan sosial," ujar Ahad. kbc6

Bagikan artikel ini: