Ini Harapan Pengusaha terhadap Presiden Baru Terpilih 2024 Mendatang

Jum'at, 16 Juni 2023 | 10:44 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Ketua umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) periode 2023-2028 Shinta W Kamdani menegaskan, pihaknya tidak ikut campur soal pemilihan capres dan cawapres. Hanya saja, Apindo berharap calon presiden mengerti permasalahan ekonomi ke depan.

"Jadi yang dilakukan Apindo adalah memastikan bahwa masukan-masukan yang disampaikan ini akan masuk program ekonomi dari calon, sehingga nantinya siapapun yang terpilih akan mengusungkan masukan-masukan dari pengusaha. Jadi kita tidak ikut serta siapa itu pemimpinnya, tetapi persoalan ekonomi ini harus dikawal," ujar Shinta usai Musyawarah Nasional (Munas) Apindo ke-XI di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Kamis (15/6/2023).

Munas ke-XI Apindo menghasilkan rekomendasi kebijakan bagi pengembangan kerja sama dunia usaha dengan pemerintah, internal organisasi dan program kerja. Untuk menuju Indonesia Maju, Apindo memang penting 8 fondasi kerja sama dunia usaha dengan pemerintah.

Delapan rekomendasi kebijakan yang dihasilkan tersebut meliputi optimalisasi modalitas ekonomi, kesamaan pandang tentang tantangan ekonomi global, SDM berkualitas dan kebijakan ketenagakerjaan yang konsisten, serta ekonomi inklusif dan inovatif untuk bisnis berkelanjutan.

Selanjutnya kebijakan perdagangan internasional yang adil, roadmap realistis penggunaan energi baru dan terbarukan, sinergi dunia usaha-pemerintah-perguruan tinggi membangun UKM naik kelas, serta penguatan kohesi sosial dalam pesta demokrasi berkualitas.

Sementara itu Ketua Dewan Pertimbangan Apindo periode 2023-2028 Sofjan Wanandi mengatakan tantangan dalam 5 tahun ke depan adalah bagaimana menjaga perekonomian. Pasalnya permasalahan datang baik dari global maupun dalam negeri.

"Kita melihat dari 3 calon yang menjadi top dari semua survey itu saya lihat sebagian besar bukan orang yang mengerti ekonomi betul. Apapun kita harapkan nanti presidennya itu adalah wakil presidennya orang yang mengerti ekonomi karena challenge kita 5 tahun ke depan pengusaha adalah ekonomi," kata Sofjan usai Munas.

Apindo pun berencana membuat roadmap perekonomian 2024-2029 dan memberikannya kepada para capres. Dengan begitu, harapannya apa yang menjadi masukan dari pengusaha bisa dijalankan melalui program dalam 5 tahun ke depan.

"Kita harapkan kita akan mencoba bicara dengan 3 kandidat calon atau 4 calon untuk memberikan roadmap 5 tahun ke depan, apa yang diharapkan sama kita pengusaha itu untuk betul-betul bisa membawa ekonomi kita lebih baik karena masalah kita akan sulit menghadapi situasi global," kata Sofjan. kbc10

Bagikan artikel ini: