Dukung Ekonomi Digital, Alibaba Cloud Perbesar Investasinya di RI

Rabu, 21 Juni 2023 | 19:39 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Alibaba Cloud, tulang punggung teknologi digital dan inteligensi milik Alibaba Group, telah menambah investasinya di Indonesia, salah satu pasar penting yang strategis di Asia Tenggara, dengan memberikan lebih banyak sumber daya untuk membangun kemitraan lokal dan memperkenalkan produk dan solusi AI tambahan untuk memenuhi permintaan transformasi cerdas pelanggan lokal.

Selain itu, Alibaba Cloud juga menghadirkan lebih banyak produk cloud yang canggih dan teknologi digital ke kota-kota di luar wilayah metropolitan Jakarta.

"Sebagai penyedia layanan cloud global pertama yang melayani pasar Indonesia sejak 2016, Alibaba Cloud telah meningkatkan sumber daya dari dalam negeri untuk memenuhi permintaan transformasi digital yang terus berkembang dari para pelanggan dan mitranya," kata Country Manager of Indonesia, Alibaba Cloud Intelligence, Leon Chen dalam keterangan tertulis, Rabu (21/6/2023).

"Kami akan terus berinvestasi dalam kemitraan lokal, penawaran produk, dan pelatihan talenta digital untuk memberikan nilai yang lebih nyata kepada komunitas dan industri lokal," imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Alibaba Cloud berkomitmen mendukung ekosistem lokal yang berkembang pesat melalui lebih dari 200 mitranya di Indonesia. Secara khusus, perusahaan telah bekerja sama dengan lebih dari 50 mitra teknologi untuk mengembangkan solusi vertikal guna memenuhi kebutuhan khusus pelanggan di berbagai sektor termasuk layanan keuangan, layanan publik, ritel, logistik, manufaktur, dan lainnya.

Tahun ini, pelanggan seperti Bank Tabungan Negara (Bank BTN), PT Jasa Angkasa Semesta (PT JAS) dan J&T Cargo telah memilih Alibaba Cloud sebagai penyedia jasa cloud pilihan mereka. Bank BTN bekerjasama dengan Alibaba Cloud untuk memperkuat aplikasi mobile banking-nya yang terbaru dengan teknologi cloud mutakhir; JAS memilih Alibaba Cloud untuk meningkatkan dan meningkatkan operasionalnya secara digital di sektor logistik pintar, sementara Alibaba Cloud terpilih untuk memberi J&T Cargo solusi database cloud-native yang beragam untuk menangani lonjakan permintaan pengiriman e-commerce.

Alibaba Cloud juga mengumumkan peluncuran beberapa produk dan solusi baru terkait AI di Indonesia guna membantu mendorong inovasi dan meningkatkan kinerja klien di berbagai sektor. Diantaranya EasyDispatch sebagai solusi logistik berbasis AI milik Alibaba Cloud, diperkenalkan untuk meningkatkan manajemen rantai pasokan (supply chain) sekaligus mengurangi biaya logistik.

Selain itu, juga AnalyticDB for PostgreSQL (ADBPG) digabungkan dengan database vektor, yang menyediakan plugin pengambilan yang membantu pelanggan membuat aplikasi Generative AI (GenAI) menggunakan berbagai model bahasa yang besar.

"Dengan infrastruktur cloud milik Alibaba Cloud yang dapat diskalakan, sangat efisien, dan aman, solusi ini menyediakan konstruksi tempat Metaverse yang sederhana dan cepat, layanan tata kelola dan perencanaan lahan profesional, serta ekosistem terbuka untuk membantu meningkatkan keterlibatan pelanggan di Metaverse," tambahnya.

Sejalan dengan upaya berkelanjutan pelopor cloud untuk meningkatkan dukungan sumber daya cloud di kota-kota tier-2 dan tier-3, tahun ini Alibaba Cloud telah memperluas dukungannya ke Makassar, selain Bandung, Bali, Surabaya, dan Yogyakarta.

Selain itu, Alibaba Cloud telah memperluas ekosistem startupnya di Indonesia. Melalui kerjasamanya dengan 18 mitra strategis, perusahaan telah meluncurkan berbagai inisiatif pendukung di seluruh kota dan hingga saat ini, lebih dari 500 startup telah berpartisipasi dalam berbagai program yang diselenggarakan oleh pelopor cloud tersebut. Ini termasuk kompetisi, lokakarya, sesi pelatihan, webinar, dan peluang jaringan.

Alibaba Cloud telah melayani pasar Indonesia sejak 2016. Dengan tiga pusat data dan satu pusat scrubbing di Indonesia, Alibaba Cloud telah menjadi mitra layanan cloud tepercaya bagi pelanggan di bidang ritel, e-commerce, keuangan, game, dan transportasi.kbc6

Bagikan artikel ini: