Ibu Ainun Habibie wafat, Presiden SBY berbelasungkawa

Minggu, 23 Mei 2010 | 16:49 WIB ET
Almarhumah Hasri Ainun Habibie
Almarhumah Hasri Ainun Habibie

JAKARTA, kabarbisnis.com: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan pernyataan belasungkawa atas wafatnya Ibu Hasri Ainun Habibie, isteri mantan Presiden BJ Habibie.

Pernyataan ini disampaikan Presiden SBY di sela-sela Kongres II Partai Demokrat, Minggu (23/5/2010), di Hotel Manson Pine, Kota Baru Parahiyangan, Bandung, Jawa Barat.

Mantan Ibu Negara Hasri Ainun Besari Habibie tutup usia pada umur 72 tahun di Muenchen, Jerman, pada Sabtu (22/5/2010) pukul 17.30 waktu setempat atau sekitar 22.50 WIB. Ibu Ainun telah lama menderita penyakit yang mengakibatkan beberapa komplikasi dan mengalami beberapa kali operasi di Jerman. Saat mengembuskan nafas terakhir, Ibu Ani didampingi BJ Habibie dan keluarga.

"Kita berduka karena ibu Ainun Habibie, mantan Ibu Negara, telah berpulang ke rahmatullah. Beliau wafat setelah menjalani perawatan dan pengobatan selama lebih kurang dua bulan, di sebuah rumah sakit di kota Muenchen, Jerman," kata SBY seperti dilansir laman resmi kepresidenan.

Presiden SBY telah menelepon BJ Habibie, pagi tadi, untuk menyampaikan bela sungkawa tersebut. "Kepada Bapak Habibie, mantan Presiden ketiga kita, semoga diberikan ketabahan dalam menghadapi ujian ini," imbuh SBY.

Tidak lupa Presiden memimpin para peserta Kongres II Partai Demokrat untuk memanjatkan doa agar amal ibadah almarhumah dapat diterima di sisi-Nya. "Oleh karena itu saya mengajak sudara semua untuk berdiri sejenak, menundukkan kepala, mendoakan agar ibu Ainun Habibie hidup tenang di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT," kata SBY.

Terkait rencana kepulangan jenazah almarhumah ke tanah air, Juru Bicara Presiden, Julian A. Pasha, yang dihubungi melalui telepon menjelaskan bahwa Presiden telah mengkoordinasikan segala keperluan yang dibutuhkan untuk kepulangan jenazah kepada Wapres Boediono.

"Pemerintah akan membantu segala sesuatu yang dibutuhkan mulai dari penjemputan, proses administrasi, hingga proses pemakaman," jelas Julian.

Rencananya, jenazah almarhumah Ainun Habibie akan tiba di Jakarta pada Rabu (26/5/2010) dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. kbc3

Bagikan artikel ini: