Bappebti Pastikan Bursa Kripto Meluncur Bulan Ini

Sabtu, 8 Juli 2023 | 14:53 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) memastikan bursa berjangka komoditi kripto diluncurkan Juli 2023 ini.

Kepala Bappebti Didid Noordiatmoko menuturkan saat ini pihaknya akan mengecek kembali dokumen syarat meluncurnya bursa berjangka kripto.

"Ya (akan meluncur Juli). Intinya semua proses sudah dilalui. Saya akan me-review kembali apakah semua sudah sesuai dengan aturan, kelengkapan dokumentasi dan sebagai," ucapnya seperti dikutip, Sabtu (8/7/2023).

Didid menjelaskan, setelah pemeriksaan ulang, pihaknya akan melapor terlebih dahulu ke Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas). Jika telah disetujui, prosesnya selanjutnya tinggal penandatangan dan segera diluncurkan bursa berjangka kripto.

"Jika sudah, saya akan laporkan ke Pak Mendag sebelum saya tanda tangan," jelasnya.

Proses peluncuran bursa kripto ini sejatinya mundur dari target Bappebti. Seharusnya bursa tersebut bisa diluncurkan sebelum Juni 2023.

"Pak Menteri arahannya bursa kripto harus segera terbentuk, tenggat waktunya Juni 2023. Bagi Bappebti, bursa kripto ini sebuah kebutuhan. Kalau enggak ada bursa kripto, saya dikit-dikit sakit perut karena asam lambungnya naik," ungkapnya.

Saat itu, Didid menerangkan ada beberapa tahapan penting yang harus dilalui Bappebti dalam membentuk bursa kripto.

Menurutnya, target yang ditetapkan Zulhas soal bursa kripto realistis karena pihaknya sudah punya beberapa kriteria pembentukan bursa tersebut. Namun, ia menegaskan bukan hanya permasalahan membentuk bursa, melainkan perlu dibuat ekosistemnya. kbc10

Bagikan artikel ini: