Mas Andi Apresiasi Kesiapan Mojokerto Jadi Tuan Rumah Porprov VIII

Kamis, 27 Juli 2023 | 16:22 WIB ET

MOJOKERTO, kabarbisnis.com: Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII/2023 bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Jawa Timur meninjau kesiapan venue dan memastikan kesiapan daerah yang akan menjadi tuan rumah gelaran tersebut.

Ada tiga daerah yang telah dikunjungi, yaitu kabupaten Sidoarjo, kota Mojokerto dan kabupaen Mojokerto. Ke-tiga daerah tersebut dinilai layak dan siap untuk menjadi tuan rumah Porporv VIII yang akan dilaksanakan pada 9-16 September 2023 mendatang.

Bahkan Ketua PB Porprov VIII/2023, H. M. Ali Affandi La Nyalla  M Mattalitti mengapresiasi dan mengaku bangga dengan persiapan yang telah dilakukan ke tiga daerah tersebut, terutama Pemkot Mojokerto.

“Dari kunjungan kami untuk finalisasi venue Porprov VIII, bisa dikatakan daerah yang sudah dikunjungi yaitu Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto dan Kota Mojokerto telah siap menggelar Porprov, terutama Kota Mojokerto yang juga sudah menyiapkan maskotnya,” kata Mas Andi, sapaan akrab H. M. Ali Affandi La Nyalla M. Mattalitti, Mojoketo, Rabu (26’7/2023). 

Pada hari ketiga, kunjungan venue Porprov VIII, tim KONI Jatim dan technical delegate (TD), melakukan peninjauan di Kota Mojokerto, pada Rabu 26 Juli. “Secara umum Kota Mojokerto sudah siap untuk menggelar 10 cabang olahraga yang dipertandingkan/dilombakan,” pungkas Andi.

Pada kesematan tersebut, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Mojokerto, Rachmi Widjajanti mengungkapkan bahwa Kota Mojokerto telah bekerja keras untuk menyiapkan semua yang dibutuhkan,  tidka hanya soal kesapan venue dan tempat bertanding, juga menyiapkan mascot Porprov VII yang diberi nama “Cak Condro”. Maskot ini, berupa Kucing Condromowo yang memiliki hubungan dengan perkembangan sejarah Kota Mojokerto.

“Ini merupakan hasil kajian dari dewan Kebudayaan Kota Mojokerto ketemu hasilnya Kucing Condromowo,” kata Rachmi Widjajanti.

Ia menjelaskan, Kucing Condromowo merupakan kucing dengan bulu yang memiliki tiga warna atau biasa dikenal oleh orang Jawa kucing belang telon. Orang Jawa kemudian menamai Condromowo pada kucing belang telon ini. “Condro berarti cahaya dan Mowo yang memiliki makna bara api,” jelasnya.

Selain itu, nama Condromowo juga pernah dipergunakan sebagai nama Batalyon pejuang pada masa kemerdekaan di Mojokerto. Dalam catatan sejarah, Mayor Moenasir membentuk kesatuan setingkat batalyon denga nama Batalyon Condromowo. 

“Salah seorang tokohnya adalah KH Achyat Chamimy yang menjadi komandan Kompi IV Bn 42 Condromowo. Bn 42 Condromowo terlibat dalam banyak pertempuran, termasuk pertempuran besar di wilayah Mojokerto Selatan,” tambah Rachmi.

Dengan pengambilan maskot ini, ia berharap, dapat menjadi penyemangat dan membangkitkan keberanian para atlet untuk bertanding dalam Porprov VIII/2023 Jatim.kbc6

Bagikan artikel ini: