Banyak Perusahaan Batal IPO, Begini Penjelasan BEI

Rabu, 2 Agustus 2023 | 13:57 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Sejumlah perusahaan diketahui tidak melanjutkan proses initial public offering (IPO) pada tahun ini. Status perusahaan di laman e-IPO kini tercatat canceled.

Contoh perusahaan di e-IPO yang terlihat sudah membatalkan rencana go public antara lain PT Zeus Kimiatama Indonesia Tbk (ZEUS) dan PT Akselerasi Usaha Indonesia Tbk (AKSL) dan PT Pertamina Hulu Energi (PHE).

Terkait hal itu, Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gede Nyoman Yetna mengatakan, pembatalan IPO bisa jadi datang dari sisi laporan keuangan. Sebab ada hal-hal yang perlu dicantumkan penambahan keterangan atau transparansi. Selain itu juga ada penambahan dokumen legal yang diminta oleh BEI.

"Penyebab pembatalan ada beberapa hal lebih banyak saya lihat permintaan dari sisi regulator untuk penambahan disclosure maupun secara legal dan aspek lain di prospektus," kata Nyoman, seperti dikutip, Rabu (2/8/2023).

Dia bilang, otoritas bursa meminta hal-hal tersebut dan calon emiten wajib mempersiapkan. "Dalam hal mereka butuh waktu, due date sudah terlampaui, expired laporan keuangan, maka mereka akan meminta laporan keuangan digunakan nanti untuk periode yang berikutnya," imbuh Nyoman.

Adapun terkait pengunduran dari IPO yang dilakukan oleh emiten, Nyoman mengatakan bahwa hal tersebut sepenuhnya merupakan hak dari calon perusahaan tercatat dan kesiapannya dalam melantai di pasar modal Indonesia.

"Dalam hal laporan keuangan expired periode enam bulan konsekuensinya nanti menyiapkan laporan keuangan dan semua dokumentasi di-update sesuai kondisi terbaru itu konsekuensinya. Tidak ada bursa meminta segera," ujar dia. kbc10

Bagikan artikel ini: