Rakuten-BMTR bangun mall belanja internet Rp40 miliar

Rabu, 26 Mei 2010 | 12:05 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Rakuten, Inc. dan PT Global Mediacom Tbk (BMTR) akan meluncurkan situs e-commerce melalui perusahaan joint venture pada paruh kedua tahun 2010. Mereka akan menanam modal sekitar US$4,4 juta atau Rp40 miliar. Rakuten akan memiliki saham sebesar 51%, sedangkan Global Mediacom sebesar 49%.

Situs tersebut merupakan perusahaan joint venture dimana Rakunten dan Global Mediacom akan bekerjasama untuk mengoperasikan mal belanja internet untuk para konsumen di Indonesia.

SVP, Group Head Investor Relations PT Global Mediacom Tbk Robert Satrya menyatakan Indonesia memiliki jumlah penduduk keempat terbesar (240 juta) di dunia dan jumlah pemakai internet terbesar di ASEAN (33 juta) dimana Indonesia memiliki potensi pertumbuhan e-commerce yang sangat besar.

”Perusahaan joint venture ini menggabungkan kapabilitas pemasaran Global Mediacom dan teknologi platform e-commerce Rakuten beserta keahlian konsultasinya yang telah dibangun selama 13 tahun terakhir sebagai operator mal belanja internet terbesar di Jepang,” papar Satrya dalam siaran persnya, Rabu (26/5/2010).

Pada awalnya, menurut dia, joint venture ini berencana untuk mengoperasikan mal belanja internet dimana produk lokal Indonesia akan dijual ke para konsumen Indonesia oleh para pedagang lokal.

Dalam jangka waktu menengah ke jangka panjang, joint venture ini akan membangun

platform transaksi e-commerce secara global dengan bekerjasama secara erat dengan Rakuten Ichiba Jepang, Rakuten Ichiba Taiwan, TARAD.com Thailand, serta mal belanja internet di China yang akan segera diluncurkan oleh Baidu, Inc bersama-sama dengan Rakuten serta dengan Buy.com, Inc. di Amerika Serikat, yang akan diakuisisi oleh Rakuten pada bulan Juni.

Rakuten adalah sebuah perusahaan penyedia layanan internet yang menyeluruh di Jepang. Rakuten mengoperasikan Pasar Rakuten, perusahaan mal belanja internet terkemuka di Jepang, dan salah satu perusahaan B2C ecommerce terkemuka di dunia.

Posisinya sebagai pemimpin pasar berdasarkan produk-produk yang ditawarkan secara komprehensif, termasuk lebih dari 50 juta item teregistrasi di dalam Pasar Rakuten, dan keahlian berbisnis bagi para pedagang, terutama dalam hal teknologi platform e-commerce dan kapabilitas konsultasi.

Di Jepang, Rakuten mempunyai sekitar 64 juta anggota yang teregistrasi dan penjualan di tahun 2009 sejumlah US$ 3,2 milyar. Bisnis intinya “Pasar Rakuten”, adalah perusahaan mal belanja internet terbesar di Jepang yang menawarkan lebih dari 50 juta produk oleh lebih dari 31,000 pedagang, dimana sebagian pedagang mempunyai omzet lebih dari US$ 1 juta per bulan.

Disamping mal belanja internet, Rakuten yang mempunyai lebih dari 6,000 karyawan juga mempunyai bisnis internet lainnya seperti agen perjalanan dan layanan keuangan. kbc8

Bagikan artikel ini: