Kemenperin Guyur Rp3 Miliar ke Ratusan Startup Lokal

Jum'at, 25 Agustus 2023 | 08:23 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengklaim telah menyalurkan dana sebesar Rp3 miliar untuk membiayai 58 proyek implementasi sepanjang 2018 - 2023. Proyek teranyar yang mendapatkan kucuran dana adalah program Startup4industry.

Dalam program itu, anggaran pemerintah dikucurkan kepada sebanyak 111 perusahaan rintisan atau startup terlibat, dari total lebih dari 1.000 perusahaan yang mendaftar.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Reni Yanita mengatakan, program tersebut berperan sebagai hub atau penghubung bagi industri dan startup untuk berbagi sumber daya.

"Seperti akses untuk manufaktur mass production, akses pembiayaan, basis data permasalahan industri, akses kompetisi implementasi teknologi, akses ke pasar yang lebih luas, hingga go global," kata Reni dikutip dari keterangannya, Kamis (24/8/2023).

Dia menjelaskan, pendaftaran program Startup for Industry 2023 dibuka sejak 14 Maret - 31 Mei 2023 dengan mengusung tema Inspiring Industry Transformation.

Tercatat sebanyak 1.115 startup telah berpartisipasi dan melalui proses seleksi administrasi, video, pitching matchmaking. Dari proses tersebut, terpilih 111 finalis serta 100 hubungan bisnis antara startup dan industri.

Selanjutnya, sebanyak 20 finalis kan melaksanakan proyek implementasi selama 3 bulan di 20 mitra dari sektor industri kecil dan menengah, dengan pengawasan dan bimbingan dari tim Startup4industry untuk memenuhi target key performance indicator yang telah ditetapkan.

Kemudian, startup terpilih akan mengimplementasikan beberapa solusi teknologi, seperti automation, industrial internet of things, digitalisasi proses bisnis, artificial intelligence, green industry, teknologi imersif, advanced digital marketing dan traceability.

Salah satu finalis, Head of Commercial Business Primeskills Veren mengatakan, solusi scanpedia dapat membantu dari segi engagement marketing dan melihat loyalitas customer terhadap brand.

Scanpedia akan membantu pelaku IKM dari beberapa aspek, khususnya dalam hal engagement rate dengan mengukur seberapa sering pengguna berinteraksi dengan fitur AR Gamification dalam web based atau platform.

Finalis lainnya, Sugeng Mulyadi selaku Business Development Trinusa menambahkan, proses seleksi kompetisi Startup4Industry membantu pihaknya melakukan pengembangan produk yang sesuai dengan kebutuhan industri dengan dibantu juri yang sudah berpengalaman di bidang industri. kbc10

Bagikan artikel ini: