Intiland Gandeng Mitbana Kembangkan Kawasan Terpadu dan TOD di Jantung Tangerang Barat

Selasa, 5 September 2023 | 16:28 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Mitbana, sebuah perusahan joint venture antara Mitsubishi Corporation dan Subrana Jurong bersama dengan PT Sinar Puspapersada, anak perusahaan PT Intiland Development Tbk meluncurkan Green Bestari Park, sebuah pengembangan kawasan terpadu dan Transit Oriented Development (TOD) seluas 51 hektare yang berlokasi di Tangerang, Indonesia.

Kerja sama kedua perusahaan dengan membentuk perusahaan joint venture, PT Inti Mitbana Development akan membangun Green Bestari Park dalam tiga tahap. Tahap pertama meliputi area seluas 14 hektare yang mencakup klaster perumahan, area ritel, pusat F&B, dan clubhouse baru untuk para penghuni. Tahapan berikutnya mencakup pengembangan hunian, taman kota, area komersial, dan Pengembangan Berbasis Transit (Transit Oriented Development/TOD) yang terintegrasi dengan stasiun Mass Rapid Transit (MRT) yang menghubungkan Balaraja dan Cikarang di jalur MRT Timur-Barat.

Memanfaatkan pengalaman Mitsubishi Corporation dalam pengembangan perkotaan di Jepang dan Indonesia serta pengalaman Surbana Jurong di proyek-proyek perencanaan dan desain secara global, Mitbana akan mengawasi dalam pembuatan rencana induk, desain, dan perencanaan pembangunan, bersama-sama dengan Intiland yang mengawasi persiapan lahan, pembangunan inrastruktur dan keterlibatan pemangku kepentingan lokal pada proyek tersebut.

Lokasi Green Bestari Park yang strategis memberikan kemudahan akses penghuni, baik ke fasilitas-fasilitas yang sudah ada di Talaga Bestari, maupun yang akan dibangun di kawasan terpadu ini dalam beberapa tahun mendatang. Pengembangan kawasan dilengkapi jalan-jalan yang meningkatkan konektivitas dan aksesibilitasnya ke landmark-landmark utama.

Lokasinya strategis dekat gerbang tol Balaraja Timur, sehingga kemudahan akses dari atau menuju Jakarta dan Tangerang, serta akses langsung ke Kawasan Pusat Bisnis Sudirman (SCBD) di Jakarta. Pengembangan ini juga dekat dengan jalan tol Serpong-Bandara yang menghubungkan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta hanya dengan berkendara selama 45 menit.

Direktur Pengembangan Bisnis PT Intiland Development Tbk, Permadi Indra Yoga mengatakan, Green Bestari Park memiliki konsep desain "5G" yakni menciptakan gaya hidup berkelanjutan dan dinamis bagi para penghuninya. Kelima G tersebut adalah Green Reserve, Green Connection, Green Lifestyle, Greenovation, dan Green Community.

"Melalui penggabungan kelima pilar ini, Green Bestari Park secara harmonis menyinergikan alam, kenyamanan, inovasi, dan komunitas, serta menetapkan standar baru untuk gaya hidup perkotaan," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (5/9/2023).

Rencana induk dirancang oleh Surbana Jurong, Green Bestari Park terinspirasi untuk menjadi pelopor dalam konservasi energi dan gaya hidup berkelanjutan. Kawasan terintegrasi ini memiliki desain urban yang mengoptimalkan penyerapan air, seperti penyediaan lebih dari empat hektare ruang terbuka hijau yang meningkatkan penyerapan air hujan, serta stasiun pengisian kendaraan listrik.

"Visi kami untuk Green Bestari Park meluas hingga mengubah definisi kehidupan kota yang berkelanjutan bagi generasi mendatang di kawasan penyangga Jakarta," tandas Daisuke Kobayashi, Direktur Utama PT Inti Mitbana Development dan Wakil Chief Operating Officer Mitbana.

Pengembangan perdana hunian di Green Bestari Park adalah Green Casa @DUO. Menempati area 3,3 hektare, Green Casa @DUO menyediakan 220 unit rumah yang terbagi dalam dua tipe. Rumah tipe A memiliki lahan seluas 65 meter persegi dan luar bangunan 68 meter persegi yang menyediakan tiga kamar tidur dua kamar mandi. Sedangkan unit Tipe B Standar memiliki luas lahan 70 meter persegi dan luas bangunan 79 meter persegi yang memiliki empat kamar tidur dan tiga kamar mandi.

Fasilitas yang ada di dalamnya diantaranya area olahraga luar ruangan, taman bermain, taman pusat, dan taman BBQ di mana penghuni dapat berkumpul dan menjalin hubungan yang langgeng. "Konstruksi akan dimulai pada September 2023 dan diharapkan selesai pada akhir tahun 2025. Harga rumah Green Casa @DUO mulai Rp1 miliar, khusus untuk 60 unit pertama," pungkas Permadi. kbc7

Bagikan artikel ini: