QRIS Bakal Bisa Digunakan di Arab Saudi hingga India

Kamis, 7 September 2023 | 16:53 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bank Indonesia (BI) terus memperluas kerja sama penggunaan mata uang lokal atau local currency transaction (LCT) ke beberapa negara. Terbaru, setidaknya ada tiga negara yang tengah dijajaki BI, yaitu India, Arab Saudi, dan Singapura.

Mengingat perjanjian LCT ini makin luas, Destry mengatakan, ada kesempatan perluasan penggunaan mata uang lokal tak hanya di transaksi perdagangan ataupun investasi, tetapi juga ritel.

"Jadi nantinya untuk transaksi ritel, bisa transaksi pakai QRIS. Sekalipun kita sedang berada di Arab Saudi," kata Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti seperti dikutip, Kamis (7/9/2023).

Eksperimen India di Bulan, Mendarat dengan Melompat Untuk saat ini, Indonesia telah memiliki perjanjian kerja sama LCT yang sudah berlangsung dengan Thailand, Malaysia, Jepang, dan China.

Selama tujuh bulan berjalan 2023 atau dari awal tahun hingga Juli 2023, transaksi telah mencapai ekuivalen 3,7 miliar dollar AS. Indonesia juga sebenarnya telah memiliki nota kesepahaman penggunaan LCT dengan Korea Selatan.

Namun, Destry bilang penggunaan secara efektif baru akan terjadi sebentar lagi. kbc10

Bagikan artikel ini: