CEO LG Paparkan Masa Depan Industri Mobility Berkat AI di Event IAA Mobiity 2023

Selasa, 12 September 2023 | 14:07 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: CEO LG, William Cho membagikan perspektif perusahaan terhadap masa depan industri mobilitas, khususnya dalam memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di event IAA Mobility 2023 di Jakarta.

Ia juga memaparkan visi perusahaan untuk mendorong berbagai perubahan penting yang harus dilakukan pada berbagai aspek dalam ekosistem mobilitas ini.

William Cho menegaskan, dengan perkembangan industri otomotif yang sangat pesat untuk berfokus pada elektrifikasi dan berkendara dengan otonom, LG menyatakan akan memiliki peluang besar dalam menciptakan nilai pengguna pada area mobilitas ini. Membuat kendaraan tak lama lagi akan lebih dari sekedar alat transportasi, namun sebagai sebuat perpanjangan tempat untuk mendapatkan pengalaman penggunaan yang berbeda.

"LG memiliki pengalaman hampir 70 tahun dalam bisnis yang berhadapan langsung dengan konsumen. Sepanjang masa itu, kami telah memiliki pemahaman yang kaya terkait dengan konsumen kami di seluruh dunia dan ruang hidupnya melalui berbagai temuan dari penelitian mendalam dan tren. Hal inilah yang kemudian menjadi modal bagi kami dalam menghasilkan berbagai inovasi dalam industri elektronik konsumer," ujar William Cho dalam keterangan tertulis, Surabaya, Selasa (12/9/2023).

Berbagai pemahaman dan keahlian inilah yang kemudian berada dibalik berdirinya LG Vehicle component Solution (VS) company. Dengan terus berinvestasi pada perusahaannya ini, LG sukses mengembangkan bisnisnya dalam bidang komponen dan solusi otomatif.

Menurut firma riset pasar Strategy Analytics, diperkirakan LG menyumbang pangsa terbesar pasar telematika kendaraan global tahun lalu, yaitu sebesar 23,3%. Disisi lain, sejak tahun 2021, perusahaan telah menguasai pangsa pasar dua digit di segmen audio, video, dan navigasi (AVN). Hasil ini dapat dikaitkan dengan pengakuan dan kepercayaan yang diperoleh LG VS dari produsen mobil besar atas produk dan layanannya yang berbeda.

Baru-baru ini LG telah mengadakan percobaan dengan membuat sebuah lingkungan interior yang mirip dengan kondisi actual pada kendaraan otonom. Dari percobaan ini didapatkan, Sebagian besar orang menginginkan sebuah kendaraan otonom sebagai tempat yang eksklusif dan privat yang memberikannya kebebasan lengkap untuk melakukan berbagai hal yang diinginkan. Seperti bermain, bekerja maupun menghabiskan waktu sendiri.

Sementara hasil dari survey mendalam mendapatkan temuan bahwa sejumlah 72% orang setuju berkendara dengan mobil juga merupakan waktu untuk bersantai dan 43% orang menyatakan kabin kendaraan merupakan ruang personal yang sangat berarti bagi pemiliknya.

LG percaya bahwa sebuah ruang dalam kendaraan seharusnya memiliki kemampuan untuk bertransformasi secara fisik, menyesuaikan dengan situasi dan tujuan yang berbeda. Seperti mengubahnya menjadi sebuah restoran untuk makan, sebuah kantor untuk berkerja atau bahkan menjadi ruang theater berjalan.

Konsep ini, lanjutnya, akan dibawa LG melalui solusi media penampil inovatif dan teknologi yang dimilikinya pada perangkat elektronik penunjang kebutuhan rumah tangga. Termasuk dalam inovasi media penampil ini yaitu berbagai bentuknya yang transparan, fleksibel dan dapat digulung dengan berbagai bentuknya.  

"Dengan kecanggihan teknologi AI, LG akan meningkatkan pengalaman mobilitas pada ketinggian baru. Memungkinkannya lebih interaktif dengan asisten berbasis suara yang akan merekomendasikan berbagai konten berdasarkan durasi dan tujuan perjalanan," pungkasnya.kbc4

Bagikan artikel ini: