Bank Jatim Sabet Penghargaan dari Kemendagri RI

Jum'at, 29 September 2023 | 21:38 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau bankjatim kembali mencetak prestasi. Kali ini, bankjatim sukses menyabet penghargaan dalam ajang BUMD Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia. Penghargaan yang diraih yaitu bankjatim berhasil menduduki Peringkat III untuk Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kategori Besar.

Penghargaan prestisius tersebut diberikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI Suhajar Diantoro kepada Direktur IT & Digital bankjatim Zulhelfi Abidin di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Zulhelfi menjelaskan, prestasi ini tentu saja akan semakin memotivasi bankjatim untuk terus berinovasi dan meningkatkan daya saing, layanan, serta kinerja perusahaan secara berkelanjutan demi mendukung pertumbuhan ekonomi.

"Penghargaan yang diberikan kepada bankjatim ini karena perusahaan dinilai memiliki pencapaian kinerja dan tata kelola yang baik serta telah melakukan inovasi yang berkelanjutan demi memberikan pelayanan publik secara optimal," paparnya.

Menurut Zulhelfi, penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri ini tentu saja akan memacu semangat bankjatim untuk terus bekerja lebih baik dalam memberikan manfaat kepada para stakeholder dan shareholder. "Kami siap untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak demi memberikan kontribusi positif untuk Indonesia dan pengembangan bisnis bankjatim secara berkelanjutan," tuturnya.

Adapun terkait kinerja, bankjatim berhasil melewati semester I/2023 dengan performa yang positif. Selama semester I tahun ini, penyaluran kredit bankjatim mampu membukukan peningkatan yang signifikan di atas rata-rata yaitu 13,02 persen (YoY). Untuk pertumbuhan kredit tertinggi terjadi pada sektor komersial & SME sebesar 25,55 persen (YoY) dan sektor konsumer 5,77 persen (YoY).

Pertumbuhan kredit yang telah dicapai bankjatim tersebut membuat LDR perusahaan semakin membaik. Dari 45,88% pada semester I tahun 2022 meningkat jadi 59,54% pada semester I tahun 2023. Penyaluran kredit bankjatim juga diikuti oleh perbaikan kualitas pinjaman. Hal itu terlihat dari rasio Loan At Risk (LAR) yang melandai di angka 5,77% pada semester I tahun 2023, berbanding 6,86% di tahun sebelumnya (YoY). Rasio Non Performing Loan (NPL) Gross bankjatim juga ikut menurun di angka 2,80% pada semester I/2023, berbanding 4,12% pada periode yang sama tahun sebelumnya (YoY).

Sementara itu, tujuan dari kegiatan BUMD Awards 2023 adalah untuk memberikan penilaian terhadap kinerja BUMD seluruh Indonesia dalam rangka pembinaan dan pengawasan terhadap tata kelola serta kinerja BUMD. Kemudian juga untuk menciptakan iklim yang kompetitif antar BUMD, memberikan motivasi kepada pemerintah daerah dalam pengelolaan dan pengembangan usaha BUMD, meningkatkan sinergi antar BUMD, asosiasi BUMD, dan juga pemerintah daerah, serta mendorong pemerintah daerah dan BUMD untuk melakukan inovasi demi meningkatkan kinerja serta pelayanan publik.

Selanjutnya, penilaian yang digunakan dalam BUMD Awards 2023 ini adalah kemanfaatan bagi masyarakat, kinerja, tata kelola, pelayanan publik yang diberikan, serta inovasi dan sinergitas. Adapun tim penilainya yaitu dari kementerian lembaga terkait, perguruan tinggi, dan media. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Kementerian Dalam Negeri dengan Asosiasi BUMD Seluruh Indonesia dan didukung penuh oleh PT Taspen. kbc7

Bagikan artikel ini: