Pemerintah Pastikan Tak Akan Tutup Perusahaan E-commerce

Rabu, 11 Oktober 2023 | 09:25 WIB ET
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan memastikan e-commerce seperti Shopee, Lazada hingga Tokopedia tidak akan ditutup. Hal ini menyusul adanya permintaan dari pedagang di Pasar Tanah Abang agar transaksi belanja online di e-commerce ditutup lantaran dinilai membuat pelanggan mereka sepi.

"Yah enggak, kan diatur bukan tutup. Ndak boleh dong (ditutup), kan enggak bisa dihindari namanya itu platform digital, itu zaman kok," kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) seperti dikutip, Rabu (11/10/2023).

Mendag menyatakan sudah saatnya para pedagang di pasar baik yang ada di Tanah Abang dan wilayah lain, mau membuka usahanya secara online.

"Jadi memang harus mengikuti perkembangan. Oleh karena itu, saya bilang teman-teman di Pasar Tanah Abang, pasar sayur saja online sekarang apalagi pasar-pasar yang jual barang- barang komersial, pakaian, sepatu itu kan harus juga mengikuti selain offline, online," ungkap Zulhas.

Mendag juga mengatakan, pemerintah sendiri bukan hanya mengatur transaksi di TikTok, tetapi juga di e-commerce. Adapun pemerintah telah melarang e-commerce untuk menjual barang impor secara cross border.

Aturan itu pun resmi diundangkan dalam Permendag Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE). kbc10

Bagikan artikel ini: